Skripsi
Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Pendek Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Kupang
XML
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman Cerita Pendek Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Kupang. Fokus penelitian ini adalah mengukur sejauh mana siswa dapat memahami unsur intrinsik cerita pendek seperti, tema, tokoh, latar, alur, serta pesan moral yang terkandung dalam teks. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui membaca pemahaman siswa dan memberikan tes tertulis kepada siswa untuk mengetahui kemampuan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar siswa berada pada kategori mampu dengan jumlah 21 siswa yang dalam hal membaca dengan peresentase sebesar 75%, sedangkan siswa yang berada pada kategori tidak mampu dengan jumlah 7 siswa dengan peresentase 25%. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca pemahaman ini meliputi minat baca, ketersediaan bahan bacaan yang sesuai, serta metode pengajaran yang diterapkan oleh guru.
Berdasarkan temuan ini, disarankan agar guru lebih mengoptimalkan strategi pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan, serta menyediakan bahan-bahan bacaan yang relevan dengan minat siswa. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi acuan dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman Siswa di SMP Negeri 10 Kupang.
Kata Kunci: Membaca Pemahaman, Cerita Pendek.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
DESI ERNA BAHAN - Personal Name
|
Student ID |
2101010002
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Dian Sari Arindah Pekuwali - 199301072004212001 - Ketua Penguji
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Penguji 1 ARIS NURHUDA - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
88201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
882.01 BAH K
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |