Skripsi
Rancang Bangun Sistem Lampu Lalu Lintas Berdasarkan Kepadatan Kendaraan Menggunakan Kamera
XML
Kemacetan lalu lintas merupakan masalah yang semakin sering terjadi seiring dengan pesatnya pertumbuhan jumlah kendaraan dan perkembangan penataan kota. Salah satu solusi untuk mengatasi kemacetan, terutama di persimpangan jalan, adalah dengan pengaturan lampu lalu lintas yang lebih efisien. Sistem lampu lalu lintas yang ada saat ini, seperti metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), masih menerapkan durasi tetap (Fixed Time) untuk setiap jalur, yang seringkali tidak dapat menyesuaikan dengan fluktuasi jumlah kendaraan di jalan. Hal ini dapat mengakibatkan penumpukan kendaraan dan memperpanjang waktu tunggu, terutama di jam-jam sibuk. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem lampu lalu lintas adaptif yang mampu menyesuaikan durasi lampu hijau berdasarkan kepadatan kendaraan di setiap jalur. Sistem ini memiliki tingkat keakurasian 75% dan memanfaatkan teknologi pengolahan citra digital untuk mendeteksi jumlah kendaraan secara real-time menggunakan kamera yang dipasang di tiap jalur. Dengan adanya sistem ini, diharapkan dapat mengurangi kemacetan dan meningkatkan efisiensi pengaturan lalu lintas di persimpangan jalan.
Kata Kunci : lampu lalu lintas, kepadatan kendaraan, pengolahan citra digital, kemacetan, durasi lampu hijau.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
YULIANA DELVINA SABU SALU - Personal Name
|
Student ID |
1806030196
|
Dosen Pembimbing |
HENDRIK J DJAHI - 197903032008121001 - Dosen Pembimbing 1
WENEFRIDA T INA - 197704152003122001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Hendrik J Djahi - 197903032008121001 - Ketua Penguji
Wenefrida T Ina - 197704152003122001 - Penguji 1 Almido H Ginting - 197608162005011001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
20201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Teknik Elektro
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
202.01 SAL R
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |