Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Terhadap Hasil Belajar PKn Pada Siswa Kelas IV SDI Bertingkat Perumnas 3 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Terhadap Hasil Belajar PKn Pada Siswa Kelas IV SDI Bertingkat Perumnas 3 Kupang

XML

Model pembelajaran portofolio merupakan karya terpilih dari seorang peserta didik, tetapi dalam model pembelajaran portofolio berisi karya terpilih dari satu kelas peserta didik secara keseluruhan yang bekerja secara kooperatif memilih membahas, mencari data, mengolah, menganalisa, dan mencari pemecahan terhadap suatu masalah yang di kaji. Jenis penelitian yang digunakan Deskriptif Kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yakni observasi, tes dan dokumentasi dengan subyek berjumlah 40 orang dengan rincian siswa laki-laki 20 orang dan siswa perempuan 20 orang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah Nonequivalent Control Group Sebelum diberikan perlakuan, kelas eksperimen dan kelas kontrol terlebih dahulu diberikan pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan rata-rata nilai siswa pada kelas kontrol adalah 52.75, dan kelas eksperimen adalah 56,5. Setelah diberikan pretest, selanjutnya diberikan perlakuan pada kedua kelas sampel dimana kelas eksperimen menggunakan model pemebelajaran berbasis portofolio dan kelas kontrol pemebelajaran dilakukan secara konvensional. Selanjutnya siswa pada kelas ekperimen dan kelas kontrol diberikan posttest untuk mengetahui kemampuan siswa setelah diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis portofolio dalam proses belajar mengajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal dapat dibuktikan dengan rata-rata nilai siswa pada kelas eksperimen= 80.25 > kelas kontrol= 69,25. Kemudian dilanjutkan dengan melakukan perhitungan uji hipotesis untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis portofolio terhadap hasil belajar siswa. Sebelum dilakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat uji hipotesis. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa pada nilai pretest kelas kontrol Lhitung= 0.113344 ttabel, dimana nilai thitung= 3,13 dan nilai ttabel= 2,02. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaraan berbasis portofolio terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV UPTD SD Inpres Bertingkat Perumnas 3 Kupang. Berdasarkan hasil analisis dan pengujian data, maka peneliti menyimpulkan bahwa model pembelajaran berbasi portofolio dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar PKn dari pada metode ceramah, khususnya pada siswa kelas IV UPTD SD Inpres Bertingkat Perumnas 3 Kupang. Kata kunci : Pembelajaran, Model Portofolio Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Penulis
Veronika Upa Anda Hau - Personal Name
Student ID
1601140266
Dosen Pembimbing
Benediktus Kasa - 195706141984031001 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
BENEDIKTUS KASA - 195706141984031001 - Ketua Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 1
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 HAU P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA