PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN CANVA BERBANTUAN EDUCAPLAY TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V DI SD GMIT OEPURA

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN CANVA BERBANTUAN EDUCAPLAY TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V DI SD GMIT OEPURA

XML

Pendidikan Pancasila merupakan mata pelajaran yang mulai dilupakan. Banyak siswa yang tidak fokus dan merespon guru saat pembelajaran, sehingga mempengaruhi motivasi dan hasil belajar siswa. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa yaitu dengan pemanfaatan media pembelajaran canva berbantuan educaplay. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran Canva berbantuan Educaplay terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila Kelas V di SD GMIT Oepura. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasy experimental dan desain Nonequivalent Group Design. Instrument penelitian berupa kuesioner, soal tes, dan lembar observasi. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas V di SD GMIT Oepura sebanyak 43 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan total sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 43. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan uji bivariat Paired sample t test serta Independent sampel t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian hipotesis dengan uji paired sample t test diketahui terdapat perbedaan rata-rata motivasi belajar siswa setelah diberikan media pembelajaran canva berbantuan educaplay pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil uji juga menunjukkan terdapat perbedaan antara tingkat hasil belajar belajar sebelum dan sesudah diberikan media pembelajaran canva berbantuan educaplay (0,000 < 0,05). Uji independent sample t test menunjukkan ada pengaruh media pembelajaran canva berbantuan educaplay dengan motivasi belajar siswa pada kelas kontrol dan eksperimen (0,000<0,05). Pada hasil uji statistik juga diketahui terdapat pengaruh media pembelajaran canva berbantuan educaplay dengan hasil belajar siswa kelas V SD SD GMIT Oepura (0,000<0,05).
Kata Kunci: Media pembelajaran, Canva, Educaplay, Motivasi belajar, Hasil belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2101140108
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
MARKUS SAMPE - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Taty R. Koroh, S.Pd, M.Pd - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Markus Sampe S.Pd, M.M - 196406061999021004 - Penguji 1
Prof. Petrus Ly, M.S.i - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Pul P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA