Skripsi
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Menggunakan Aplikasi Canva Dan Capcut Pada Materi Objek Studi Dan Ruang Lingkup Geografi Kelas X SMA Negeri 12 Kota Kupang
XML
Berdasarkan analisis kebutuhan melalui penyebaran kuesioner kepada guru dan peserta didik, ditemukan bahwa banyak peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi objek studi dan ruang ligkup geografi. Penggunaan buku sebagai satu-satunya media pembelajaran dianggap kurang optimal dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran , kelayakan media pembelajaran dan keefektifan media pembelajaran berbasis video animasi menggunakan aplikasi canva dan capcut pada materi objek studi dan ruang lingkup geografi. Jenis penelitian yang digunakan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yaitu, define, design, develop, dan disseminate. Proses pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi dimulai dari tahap pendefinisian setelah itu tahap desain selanjutnya tahap pengembangan dan terakhir tahap penyebaran. kelayakan media video animasi ini berdasarkan tiga validator yaitu ahli media dan ahli materi diperoleh rata-rata skor 79,65% dengan kategori valid atau layak digunakan. Keefektifan media pembelajaran ini berdasarkan uji coba kelompok kecil di SMA Negeri 12 Kota Kupang memperoleh skor rata-rata 93,33% dengan kategori sangat efektif. Saran bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan studi lebih lanjut dari dampaknya media video animasi terhadap hasil pembelajaran peserta didik.
Kata kunci : Pengembangan, media, pembelajaran, canva,capcut, video, animasi.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
ANASTASIA REGINA DERO - Personal Name
|
Student ID |
2101100095
|
Dosen Pembimbing |
MIKAEL SAMIN - 196209181990031003 - Dosen Pembimbing 1
SUKMAWATI - 198909172022032006 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Mikael Samin - 196209181990031003 - Ketua Penguji
Sukmawati - 19890917 202203 2 006 - Penguji 1 Sunimbar - 19890101201903025 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.02 DER P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |