Penerapan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipas Siswa Pada Materi Mengenal Kota/Kabupaten Di Kelas III SDN Sikumana I

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipas Siswa Pada Materi Mengenal Kota/Kabupaten Di Kelas III SDN Sikumana I

XML

Penelitian ini diadakan di UPTD SDN Sikumana 1 dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I dari 24 siswa yang tuntas 17 orang (71%) tuntas karena selama proses pembelajaran berlangsung siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran dengan menjawab pertanyaan yang diberikan guru, tidak bermain saat guru sedang memaparkan materi, siswa berpartisipasi aktif dalam diskusi kelompok dan aktif bekerjasama dalam menyusun potongan puzzle serta siswa menjawab soal sesuai dengan pertanyaan yang diberikan didalam lembar soal. Selanjutnya yang tidak tuntas 7 orang (29%) tidak tuntas karena siswa kurang berpartisipasi aktif dalam menjawab pertanyaan yang diberikan guru karena belum berani dan kurang percaya diri, siswa kurang memperhatikan dan mendengarkan penjelasan mengenai materi mengenal kota/kabupaten yang dijelaskan guru, siswa kurang aktif dalam diskusi kelompok dan bekerjasama didalam kelompok, serta siswa belum mampu untuk menyimpulkan hasil pembelajaran. Selanjutnya pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari 24 siswa yang tuntas 22 orang (92%) tuntas karena siswa sudah berpartisipasi aktif dalam menjawab dan mengajukan pertanyaan kepada guru selama proses pembelajaran berlangsung di kelas, siswa mulai memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru, siswa mulai aktif bekerja sama dan terlibat aktif saat diskusi berlangsung didalam kelompok, siswa sudah mampu menyimpulkan materi yang dipelajari serta siswa mengerjakan soal evaluasi dengan teliti.. Sedangkan 2 orang (8%) tidak tuntas karena tidak memperhatikan penjelasan guru dengan baik dan tidak mampu mengerjakan soal evaluasi dengan teliti maka kedua siswa tersebut akan diberikan pengayaan oleh guru wali kelas. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pengunan media puzzle pada materi mengenal kota/kabupaten dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas III UPTD SDN Sikumana 1.
Kata Kunci : Media Puzzle; Mengenal Kota/Kabupaten; Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2101140153
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Maxel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Maxel Koro, S.Pd., M.Pd - 19901118 201903 1 007 - - Penguji 1
Dr. Andreas Ande, M.Si - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 TER P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA