Skripsi
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Di SMK Negeri 2 Kupang
XML
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar PPKn siswa di SMK Negeri 2 Kupang, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dari penerapan model kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar PPKn siswa di SMK Negeri 2 Kupang. Model pembelajaran kooperatif jigsaw diterapkan pada kelas eksperimen yaitu kelas XI DPIB 1 dengan jumlah 30 siswa dan pembelajaran dengan metode group investigasion diterapkan pada kelas kontrol yaitu kelas XI KJIJ 1 dengan jumlah 35 siswa. Dalam penelitian ini Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dan desain nonequivalent control group design. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Data hasil penelitian diolah menggunakan program SPSS versi 25.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan metode grup investigasi. Hal ini diperkuat dengan uji hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa hasil nilai signifikansi adalah 0,001 < 0,05, dan uji regresi diperoleh nilai koefisien sebesar 31,9% pengaruh dari model jigsaw dan sisanya merupakan variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Kedua kelas mempunyai nilai rata-rata (mean) yang berbeda yaitu pada kelas eksperimen memperoleh hasil 73,50 dan kelas kontrol memperoleh hasil 69,83. Berdasarkan hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa hipotesis Ha diterima yang artinya model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berpengaruh cukup signifikan hasil belajar PPKn siswa.
Kata Kunci: Model Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
RAHESTINANDA FAOT - Personal Name
|
Student ID |
2101070079
|
Dosen Pembimbing |
Thomas Kemis Masi - 199205302022031009 - Dosen Pembimbing 1
Fadil Mas'ud - 199003052023211022 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Petrus Ly - 195912111986011001 - Ketua Penguji
Thomas Kimel Masi - 199205302022031009 - Penguji 1 Fadil Mas,ud - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.05 FAO P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |