Kualitas Pelayanan Publik pada Puskesmas Waipare Kecamatan Kangae Kabupaten Sikka

Detail Cantuman

Skripsi

Kualitas Pelayanan Publik pada Puskesmas Waipare Kecamatan Kangae Kabupaten Sikka

XML

Yeyen Ariany Mitan, Hyronimus Buyanaya, Umbu Lily Pwkuwali, Kualitas Pelayanan Publik pada Puskesmas Rawat Inap Waipare di Kecamatan Kangae Kabupaten Sikka, Undana, Fakultas Hukum, Bagian Hukum Administrasi Negara.
Penelitian ini dilakukan pada Puskesmas Waipare di Kecamatan Kangae Kabupaten Sikka. Adapun permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu dikarenakan adanya indikasi bahwa pelayanan kesehatan pada masyarakat belum terlaksana seperti yang diharapkan, seperti pelayanan terkesan dipersulit, disebabkan karena pelayanan informasi kesehatan yang minim, waktu penyelesaian pelayanan tidak diinformasikan secara terbuka aparat yang berwenang melayani kurang tanggap terhadap pasien serta sarana dan prasarana yang belum memadai dan tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pelayanan publik pada Puskesmas Rawat Inap Waipare dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh pihak Puskesmas dalam meningkatkan pelayanan publik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, quesioner, dan wawancara.
Responden dalam penelitian ini berjumlah 60 orang yang terdiri dari pasien rawat inap dan pasien rawat jalan. Kemudian teknik analisa data yang penulis gunakan dalam penelitian adalah bersifat deskriptif kualitatif, yaitu menganalisis data yang telah terkumpul, ditabulasikan menurut jenis data, dan memberikan keterangan dengan mengaitkan dengan teori yang sesuai dengan permasalahan yang ada dan memberikan interprestasi terhadap hasil yang relevan yang kemudian diambil kesimpulan dan saran. Dalam penelitian ini, pelayanan publik pada Puskesmas Rawat Inap Waipare, Kecamatan Kangae, Kabupaten Sikka dilihat berdasarkan Keputusan MENPAN No.63/Kep/Menpan/7/2004 tentang pedoman umum penyelenggaraan pelayanan publik, yaitu prosedur pelayanan, waktu penyelesaian pelayanan, biaya pelayanan, sarana dan prasarana, kompetensi dan sikap petugas.
Dari hasil pengukuran terhadap masing-masing indikator tersebut, maka dapat dinyatakan bahwa pelayanan publik pada Puskesmas Rawat Inap Waipare dapat dinyatakan dalam kategori cukup baik. Oleh sebab itu penulis menyarankan salah satu upaya untuk menjamin dan mempertahankan kualitas pelayanan yang prima dengan mensejajarkan pelayanannya dengan organisasi swasta yang sangat mengutamakan kepuasan pelanggan dengan motto “Sehatmu Warnai Hidupku”.


Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan Publik


Detail Information

Item Type
Penulis
Yeyen Ariany Mitan - Personal Name
Student ID
1702010044
Dosen Pembimbing
UMBU LILY PEKUWALI - 195803121986011100 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Hyronimus Buyanaya - 196009301987021001 - Ketua Penguji
Umbu Lily Pekuwali - 195803121986011100 - Penguji 1
Yohanis G.Tuba helan, - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
741.01 YAM K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA