PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REACT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI HUKUM BERNOULLI KELAS XI SMA NEGERI 2 TASIFETO BARAT

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REACT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI HUKUM BERNOULLI KELAS XI SMA NEGERI 2 TASIFETO BARAT

XML

Penelitian yang telah dilakukan di SMA Negeri 2 Tasifeto Barat tahun ajaran 2023/2024 ini didasari adanya masalah yaitu dalam proses pembelajaran siswa belum terbiasa belajar secara mandiri dan kurang inovatif dalam proses berpikir secara kritis sehingga menimbulkan kebingunan terhadap masalah yang diberikan guru, guru menyampaikan materi dengan pendekatan yang sama kepada seluruh siswa tanpa memperhatikan perbedaan kemampuan setiap siswa, dan siswa masih menggunakan cara cepat dengan menghafal rumus atau suatu konsep. Kurangnya respon siswa terhadap materi yang diajarkan oleh guru memiliki dampak yaitu rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam memahami suatu konsep materi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran REACT terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis true-experimental design dengan desain pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas kontrol yang menggunakan model konvensional dan kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran REACT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan nilai rata-rata untuk kelas kontrol dari 63,2 menjadi 78,76 dan kelas eksperimen dari 65,88 menjadi 82,3. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran REACT berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis. Dari hasil uji N-gain bahwa penggunaan model pembelajaran REACT cukup efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa yang dibuktikan dengan nilai rata-rata antara nilai pretest dan posttest. Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan keefektifan model ini disebabkan karena adanya partisipasi aktif dari siswa yang dapat mengkonstruksi pengetahuan berdasarkan interaksi mereka dengan sesama dan dapat mendorong pemahaman konsep mereka untuk mengeksplorasi, mempertanyakan, menganalisis, mengevaluasi, menarik kesimpulan berdasarkan eksperimen atau observasi yang dilakukan dan dapat memonitori pikiran mereka sendiri, sehingga memicu peningkatan kemampuan berpikir kritis. Dengan demikian, model pembelajaran REACT dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa secara efektif.
Kata Kunci: Model Pembelajaran REACT, Kemampuan Berpikir Kritis


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2001050031
Dosen Pembimbing
Welhelmina Kameo - 199304182024212054 - Dosen Pembimbing 1
Aurelia Astria L. Jewaru - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Hartoyo Yudhawardana - 196911101999031003 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.03 Pak P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA