Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI-3 SMA Negeri 2 Kupang
XML
Rendahnya keterampilan berpikir kritis yang diperoleh siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya kurang mencari tauh lebih dalam terkait materi yang dipelajarai, rendahnya kemampuan membaca siswa dan model yang digunakan guru dalam pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini merupakan Peneilitian Tindakan Kelas (classroom action reseearch) yang dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan dengan 4 tahap tindakan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi, dimana siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Pembelajaran dilaksanakan pada mata pelajaran fisika dengan materi pokok Fluida Statis.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI 3 SMA Negeri 2 Kupang, dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Fluida Statis melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning.
Data dari keterampilan berpikir kritis siswa diambil dari hasil tes belajar siswa setiap akhir siklus. Dari hasil penenlitian keterampilan berpikir kritis siswa pada siklus I pada indikator memberikan penjelasan dasar, membangun keterampilan dasar, menyimpulkan, memberikan penjelasan lebih lanjut, dan mengatur strategi dan taktik memperoleh skor 30% dengan kategori kurang. Untuk siklus II pada indikator memberikan penjelasan dasar, membangun keterampilan dasar, menyimpulkan, memberikan penjelasan lebih lanjut, dan mengatur strategi dan taktik memperoleh skor 93% dengan kategori baik. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada materi Fluida Statis dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI 3 SMA Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2024/2025.
Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Project Based Learning.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
BERGITA VERIDIANA BARA - Personal Name
|
Student ID |
2101050003
|
Dosen Pembimbing |
FAKHRUDDIN - 196812261994031002 - Dosen Pembimbing 1
Yusniati H. Muh. Yusuf - 198301072008122003 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Dr. I Wayan Sukarjita - 196807151994031002 - Ketua Penguji
Fakhruddin - 196812261994031002 - Penguji 1 Yusniati H. Muh. Yusuf - 198301072008122003 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.03 BAR P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |