Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI-3 SMA Negeri 2 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI-3 SMA Negeri 2 Kupang

XML

Rendahnya keterampilan berpikir kritis yang diperoleh siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya kurang mencari tauh lebih dalam terkait materi yang dipelajarai, rendahnya kemampuan membaca siswa dan model yang digunakan guru dalam pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini merupakan Peneilitian Tindakan Kelas (classroom action reseearch) yang dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan dengan 4 tahap tindakan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi, dimana siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Pembelajaran dilaksanakan pada mata pelajaran fisika dengan materi pokok Fluida Statis.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI 3 SMA Negeri 2 Kupang, dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Fluida Statis melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning.
Data dari keterampilan berpikir kritis siswa diambil dari hasil tes belajar siswa setiap akhir siklus. Dari hasil penenlitian keterampilan berpikir kritis siswa pada siklus I pada indikator memberikan penjelasan dasar, membangun keterampilan dasar, menyimpulkan, memberikan penjelasan lebih lanjut, dan mengatur strategi dan taktik memperoleh skor 30% dengan kategori kurang. Untuk siklus II pada indikator memberikan penjelasan dasar, membangun keterampilan dasar, menyimpulkan, memberikan penjelasan lebih lanjut, dan mengatur strategi dan taktik memperoleh skor 93% dengan kategori baik. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada materi Fluida Statis dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI 3 SMA Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2024/2025.

Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Project Based Learning.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
BERGITA VERIDIANA BARA - Personal Name
Student ID
2101050003
Dosen Pembimbing
FAKHRUDDIN - 196812261994031002 - Dosen Pembimbing 1
Yusniati H. Muh. Yusuf - 198301072008122003 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. I Wayan Sukarjita - 196807151994031002 - Ketua Penguji
Fakhruddin - 196812261994031002 - Penguji 1
Yusniati H. Muh. Yusuf - 198301072008122003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.03 BAR P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA