PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG MENJELAJAHI SISTEM TATA SURYA DI KELAS VI SD NEGERI NUNBAUN SABU (Penelitian Tindakan Kelas)

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG MENJELAJAHI SISTEM TATA SURYA DI KELAS VI SD NEGERI NUNBAUN SABU (Penelitian Tindakan Kelas)

XML

Skripsi ini di susun oleh Dominika Desryani Ndaumanu NIM 2101140055 PGSD
2025 dengan judul Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa Tentang Menjelajahi Sistem Tata Surya di Kelas VI SD Negeri Nunbaun
Sabu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model
problem based leraning untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang menjelajahi
sistem tata surya di kelas VI SD Negeri Nunbaun sabu. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan hasil belajar siswa tentang mejelajahi sistem tata surya di kelas VI SD
Negeri Nunbaun sabu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang
bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penerapan model probelm
based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi menjelajahi sistem tata surya di
kelas VI SD Negeri Nunbaun Sabu Kota Kupang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua
siklus, dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek
penelitian ini merupakan siswa-siswi kelas VI dengan berjumlah 19 orang. Pengumpulan
data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi guru serta siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model problem based learning mampu
meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar. Pada siklus I, rata-rata
observasi aktivitas guru sebesar 68,3 dan aktivitas siswa sebesar 62,5 dengan ketuntasan
hasil belajar sebesar 36,84%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, nilai observasi
guru meningkat menjadi 91,7 dan siswa menjadi 87,5 dengan ketuntasan hasil belajar
mencapai 89,47%. Perbandingan hasil belajar antara siklus I dan siklus II yaitu 52,63%.
Berdasarkan data hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan meenerapkan model
problem based learning pada materi menjelajahi sistem tata surya dapat meningkatkan
hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Model Problem Based Learning, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2101140055
Dosen Pembimbing
Taty R. Koroh - 19621004 198811 2 001 - Dosen Pembimbing 1
Kurniayu T. R. A. Ratu - 199206212022032008 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Angelikus Nama Koten - 196109161987021001 - Ketua Penguji
Taty R. Koroh 19621004 198811 2 002 - - Penguji 1
Kurniayu T. R. A. Ratu - 199206212022032008 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
FKIP
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Nda P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA