Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Pendek Dengan Strategi Pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Pada Siswa Kelas V SD GMIT Airnona 2 Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Pendek Dengan Strategi Pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Pada Siswa Kelas V SD GMIT Airnona 2 Kota Kupang

XML

Membaca merupakan suatu aspek keterampilan berbahasa yang sangat penting dalam dunia pendidikan, terutama bagi para siswa dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil pengamatan di SD GMIT Airnona 2 Kota Kupang, ditemukan bahwa kemampuan membaca pemahaman cerita pendek siswa kelas V masih rendah. Hal ini terlihat dari kesulitan siswa dalam menemukan unsur-unsur intrinsik yang ada dalam cerita dan menyimpulkan isi cerita, meskipun telah membaca berulang kali. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman cerita pendek pada siswa kelas V SD GMIT Airnona 2 Kota Kupang. Penelitian menggunakan metode model penelitian tindakan kelas dengan strategi pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA), sehingga melibatkan data kualitatif dan data kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, tes (Pretest & Posttest), studi dokumentasi. Dari hasil penelitian, Penerapan strategi pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman cerita pendek siswa kelas V SD GMIT Airnona 2 Kota Kupang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan ketuntasan belajar dari 19,2% pada pra siklus menjadi 57,7% pada siklus I, dan mencapai 100% pada siklus II. Aktivitas guru dan keaktifan siswa juga meningkat secara signifikan, seiring dengan peningkatan nilai rata-rata dari 69,4 menjadi 80,8. Dengan demikian, strategi DRTA dapat dijadikan alternatif pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa.

Kata Kunci : Membaca Pemahaman, Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA)


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
PRISILA APRIANI MAMULAK - Personal Name
Student ID
2101140098
Dosen Pembimbing
MARKUS SAMPE - - Dosen Pembimbing 1
Rista A. Devi - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
VERA ROSALINA BULU - - Ketua Penguji
MARKUS SAMPE - - Penguji 1
Rista A. Devi - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 MAM P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA