Analisis Penerapan model Pembelajaran Koopertif Tipe Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) di Kelas V Sekolah Dasar Gugus 16 Kuanino Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Penerapan model Pembelajaran Koopertif Tipe Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) di Kelas V Sekolah Dasar Gugus 16 Kuanino Kota Kupang

XML

Skripsi ini berjudul “Analisis Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Thinking Aloud Pair problem Solving (TAPPS) di Sekolah Dasar Gugus 16 Kuanino kota Kupang”. Latar belakang masalah dalam skripsi ini adalah kurangnya penerapan model pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa seperti model pembelajaran kooperatif tipe Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan, respon siswa dan hambatan atau kesulitan dari model pembelajaran kooperatif tipe TAPPS ketika diterapkan di Sekolah Dasar.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah guru kelas V Sekolah Dasar berjumlah 5 orang dan Siswa/i Kelas V Sekolah Dasar Gugus 16 Kuanino sebayak 50 orang. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan data dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TAPPS merupakan model pembelajaran yang lumayan sering digunakan dan direspon baik oleh siswa/i di Sekolah Dasar gugus 16 Kuanino serta hal yang menjadi hambatan atau kesulitan yang dialami oleh kelas yakni; bagi siswa yang kurang bisa menggungkapkan opini atau pendapatnya akan terlihat sebagai siswa yang kurang aktif ketika pembelajaran berlangsung dan pemecahan masalah oleh siswa terhadap masalah yang disajikan masih seringkali kurang tepat sasaran. Kata kunci: Analisis, Penerapan, model pembelajaran TAPPS.


Detail Information

Item Type
Penulis
Siti Mardiyanti Afridah - Personal Name
Student ID
1601140029
Dosen Pembimbing
HIWA WONDA - 196201231988031001 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Hiwa Wonda - 196201231988031001 - Penguji 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 AFR A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA