Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas V Sd Negeri Kuanino

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas V Sd Negeri Kuanino

XML

Skripsi oleh Agnes Salukh. PGSD.2021 dengan judul “ Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia kelas V SD Negeri Kuanino Kupang”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah ada pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa tentang sistem pernapasan manusia ? Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa tentang sistem pernapasan manusia.
Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif yaitu Pre- experimental designs (nondesigns) secara khusus penelitian ini menggunakan rancangan penelitian one-group prestest-posttest design. Subjek penelitian berjumlah 23 orang. Terdiri dari 1 kelas eksperimen, siswa kelas V SD Negeri Kuanino Kupang, tahun ajaran 2020/2021. Analisis data dilakukan melalui tahapan (1) uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, dan (2) uji hipotesis penelitian, yang dilakukan dengan teknik analisis statistic paired samples test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar sebelum siswa diberi perlakuan (Pretest) dan sesudah diberi perlakuan (Posttest). Ini berarti bahwa model pembelajaran inkuiri ternyata mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia di kelas V SD Negeri Kuanino Kupang. Hal ini dapat dibuktikan bahwa hasil perhitungan uji-t memiliki nilai t test sebesar 12,33 lebih besar (>) dari nilai t tabel pada taraf signifikansi 95% dan dk (derajat kebebasan) 22 adalah 1.717. peningkatan tersebut dapat dilihat dari selisih rata-rata hasil belajar pada saat pretest dan posttest, saat pretest nilai rata-rata (mean) sebesar 58.04 kemudian pada saat posttest terjadi peningkatan rata-rata (mean) menjadi 73.70. sehingga dapat disimpulkan nilai rata-rata peningkatan adalah 17.17. peningkatan tersebut juga dapat dilihat dari nilai signifikansi pada uji-t lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000. Jadi berdasarkan kriteria keputusan penerimaan/penolakan maka H0 ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, dapat diartikan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa tentang sistem pernapasan manusia di kelas V SD Negeri Kuanino Kupang.

Kata kunci: Model Inkuiri, hasil belajar, sistem pernapasan pada manusia.


Detail Information

Item Type
Penulis
Agnes Salukh - Personal Name
Student ID
1601140286
Dosen Pembimbing
GASPAR MELO - 195806241987031002 - Dosen Pembimbing 1
Maxel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 UKH P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA