Perencanaan Strategis Satuan Pendidikan Nonformal di Kota Kupang (Studi Kasus di Lembaga Swadaya Masyarakat Yayasan Tanpa Batas)

Detail Cantuman

Skripsi

Perencanaan Strategis Satuan Pendidikan Nonformal di Kota Kupang (Studi Kasus di Lembaga Swadaya Masyarakat Yayasan Tanpa Batas)

XML

Skripsi ini berjudul “ Perencanaan Strategis Satuan Pendidikan Nonformal (Studi kasus di Lembaga Swadaya Masyarakat Yayasan Tanpa Batas) di Kota Kupang”. Tujuan penelitian ini meliputi (1) untuk mendapatkan gambaran tentang perencanaan strategis satuan pendidikan nonformal di lembaga swadaya masyarakat Yayasan Tanpa Batas, (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat perencanaan strategis satuan pendidikan nonformal di LSM Yayasan Tanpa Batas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kulaitatif studi kasus dengan subjek penelitian direktur LSM, Koordinator lapangan, staf pelaksana program pelaksana program dan masyarakat. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Trianggulasi yang digunakan untuk menguji data dengan menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) dalam menjalankan satuan pendidikan nonformal, lembaga swadaya masyarakat Yayasan Tanpa Batas telah melakukan perencanaan strategis dengan baik dan langkah - langkah perencanaan strategis meliputi melakukan studi kelayakan, analisis studi kelayakan dan menetapkan daerah pengembangan. Pada langkah pertama melakukan studi kelayakan adanya aspek-aspek yang diperhatikan mulai dengan melihat pada tingkat penghidupan masyarakat, sarana pendidikan, sumber mata pencaharian masyarakat, potensi alam dan lingkungannya, kesehatan lingkungan( Gizi, kondisi rumah dll), tata cara bersama, adat istiadat, kebiasaan, sarana peribadatan dan kegiatan-kegiatan keagamaan serta sifat khas masyarakat yang menonjol. Langkah kedua analisis studi kelayakan. Tindakan yang dilakukan oleh lembaga Yayasan Tanpa Batas menganalisis berdasarkan kebutuhan masyarakat dan kelayakan lokasi yang akan dijadikan sebagai lokasi sasaran. Langkah ketiga menetapkan daerah pengembangan yakni: menentukan lokasi, menentukan populasi sasaran , mengidentifikasi kebutuhan belajar, merencanakan penyampaian yang tepat dan menetapkan tugas-tugas pengembangan da pelaksanaan kegiatan. (2) Faktor pendukung dan penghambat perencanaan strategis satuan pendidikan nonformal LSM Yayasan Tanpa Batas. Faktor pendukung dalam perencanaan strategis SDM, fasilitas, anggaran, donatur, lembaga pemerintahan terkait. Dan yang menjadi faktor penghambatnya yaitu biaya atau anggarannya minim, data yang diperoleh tidak akurat sehingga memperhambat dalam proses perencanaan strategis. Kata Kunci : Perencanaan Strategis, Satuan Pendidikan Nonformal LSM Yayasan Tanpa Batas


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1701170004
Dosen Pembimbing
ABDUL SYUKUR - 198011162008121001 - Dosen Pembimbing 1
NIRWANING MAKLEAT - 198511032018032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Gallex Simbolon - 198910042018031001 - Ketua Penguji
Nirwaning Makleat - 198511032018032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Luar Sekolah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.05 NAH P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA