PENERAPAN MEDIA KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS 1 SD NEGERI NAIKOTEN 2

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MEDIA KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS 1 SD NEGERI NAIKOTEN 2

XML

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya kemampuan membaca permulaan kelas 1 SD Negeri Naikoten 2, dari 27 peserta didik kemampuan membaca permulaan baik 5 peserta didik dan sebanyak 22 orang dengan kemampuan membaca permulaan rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik melalui penerapan media kartu huruf kelas I SD Negeri Naikoten 2. Jenis Penelitian Tindakan Kelas metode pengumpulan data kualitatif berupa observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil prasiklus I sebelum menerapkan media kartu huruf dari 27 orang yang tuntas 4 orang (15%) tidak tuntas 23 orang (85%). Setelah adanya tindakan pada siklus I hasil peserta didik yang tuntas 17 orang (63%) sedangkan 10 orang (37%). Namun pada siklus II mengalami peningkatan yaitu dari 27 peserta didik 25 oarang tuntas (93%), sedangkan tidak tuntas 2 orang (7%). Disimpulkan bahwa melalui penerapan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I SD Negeri Naikoten 2. Terdapat peningkatan hasil siklus I ke siklus II dilihat dari sebelum menerapkan media kartu huruf 4 orang (5%) tuntas dan sesudah menerapkan media kartu huruf 25 orang (93%) tuntas >80% peserta didik mendapatkan nilai >70 artinya media kartu huruf efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Implikasi penelitian ini adalah keefektifan media kartu huruf dalam meningkatkan kemamapuan membaca permulaan. Penelitian ini memberikan anjuran bagi pemerintah untuk meningkatkan pelatihan guru dalam menggunakan media kartu huruf, serta bagi peneliti untuk menegembangkan penelitian lanjutan tentang efektivitas media kartu huruf dalam konteks yang berbeda.
Kata Kunci : Media, Kartu Huruf, Meningkatkan, Kemampun, Membaca Permulaan.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MALFYEN TUPU - Personal Name
Student ID
2101140079
Dosen Pembimbing
LABU DJULI - 196207031990031002 - Dosen Pembimbing 1
MARKUS SAMPE - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Labu Djuli, M.Hum - 196207031990031002 - Ketua Penguji
Dr. Alex Djawa, M.Hum - - Penguji 2
Markus Sampe S.Pd, M.M - 196406061999021004 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Tup P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA