Skripsi
Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Kelas V SDN Bertingkat Naikoten Kota Kupang
XML
Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara menggunakan metode survei dengan instrumen penelitian berupa angket dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A SD Negeri Bertingkat Naikoten dan guru kelas dengan jumlah 43 orang.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa :1) Penggunaan media pembelajaran berbasis video animasi memiliki peran yang sangat penting dan berkontribusi baik dalam proses pembelajaran, dapat dilihat dari hasil rata-rata seluruh indikator X1 sebesar 2,36 dengan kategori sangat baik. 2) Media video animasi berdedikasi baik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yang dilihat dari data hasil rata-rata seluruh indikator X2 sebesar 2,42 dengan kategori sangat baik. 3) Siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran menggunakan media video animasi dilihat dari hasil rata-rata seluruh indikator Y sebesar 2,45 dengan kategori sangat baik.
Berdasarkan hasil analisis dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media video animasi yang digunakan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan motivasi belajar.
Kata kunci : Media, Video animasi, Motivasi belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
LARISKA KRISTIN KIKHAU - Personal Name
|
Student ID |
2101140077
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Labu Djuli - 196207031990031002 - Ketua Penguji
MARKUS SAMPE - - Penguji 1 Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 KIK A
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |