Skripsi
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARA N DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN POWERPOINT INTERAKTIF PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DAN FUNGSI INVERS DI KELAS XI SMA NEGERI 4 KUPANG
XML
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika, khususnya materi fungsi komposisi dan fungsi invers di kelas XI SMA Negeri 4 Kupang. Hal ini disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional dan tidak digunakannya media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan powerpoint interaktif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi, dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal meningkat dari 71,42% pada siklus I menjadi 80,95% pada siklus II. Keterlaksanaan kemampuan guru juga meningkat dari 96,87% menjadi 98,43%, keduanya termasuk kategori sangat baik. Aktivitas siswa juga tinggi, yaitu 97,39% pada siklus I dan 96,35% pada siklus II. Dengan demikian, model discovery learning berbantuan powerpoint interaktif efektif meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kupang.
Kata Kunci: Discovery Learning, PowerPoint Interaktif, Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers, Hasil Belajar.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
MARIA PAUSTINA SOI BELE - Personal Name
|
Student ID |
2001030072
|
Dosen Pembimbing |
JULIANA M H NENOHAI - 196407021993032005 - Dosen Pembimbing 1
Yohanes Hariaman Nada - 199208102022031005 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Aleksius Madu - 19781215 202321 1 005 - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 Bel P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |