Pengaruh Model Pelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Macam-Macam Gaya dan Pengaruhnya Terhadap Benda di Kelas IV MIS Al-Fitrah Oesapa

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Pelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Macam-Macam Gaya dan Pengaruhnya Terhadap Benda di Kelas IV MIS Al-Fitrah Oesapa

XML

Skripsi oleh Nuhria Almi M. Arif.PGSD. 2021 dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Macam-Macam Gaya dan Pengaruhnya Terhadap Benda di Kelas IV MIS AlFitrah Oesapa”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah ada pengaruh model pembelajaran Mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi Macam-Macam Gaya dan Pengaruhnya Terhadap Benda di kelas IV MIS Al-Fitrah Oesapa?. Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh yang signifikan pada model pemebelajaran mind mapping terhadap hasil belajar siswa tentang materi macam-macam gaya dan pengaruhnya terhadap benda. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif yaitu Quasi Eksperimen Research dengan rancangan penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian yang digunakan yaitu terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol siswa kelas IV MIS Al-Fitrah Oesapa tahun ajaran 2020/2021. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran mind mapping. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil posttest kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 77,05 dan standar devisiasi 12.254 sedangkan hasil posttest kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 60,31 dengan standar devisiasi 7.846. Hasil ini dilihat dari perhitungan hipotesis menggunakan uji-t terhadap dua kelompok dengan hasil yang diperoleh thitung 4.641 apabila dikonsultasikan dengan ttabel dengan df 31 pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,039. Dengan demikian thitung > ttabel (4.641>2,039) yang berarti H0 dalam penelitian ini ditolak dan H1 dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi macam-macam gaya dan pengaruhnya terhadap benda di kelas IV MIS Al-Fitrah Oesapa. Kata kunci : Model Mind Mapping, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Nuhria Almi M. Arif - Personal Name
Student ID
1601140169
Dosen Pembimbing
HIWA WONDA - 196201231988031001 - Dosen Pembimbing 1
Netty E.A. Nawa - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Hiwa Wonda - 196201231988031001 - Penguji 1
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 ARI P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA