Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di Kelas VII SMPN 6 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di Kelas VII SMPN 6 Kupang

XML

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi keanekaragaman hayati di kelas VII SMP Negeri 6 Kupang melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan model Kurt Lewin. Rancangan penelitian terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII I yang berjumlah 29 orang, terdiri dari 21 perempuan dan 8 laki-laki. Teknik pengumpulan data berupa tes dan observasi. Intrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik, dan instrumen tes berupa soal evaluasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa analisis data aktivitas peserta didik pada siklus I diperoleh persentase 73,04% meningkat menjadi 92,14% pada siklus
II. Analisis data aktivitas guru pada siklus I diperoleh persentase 82,39% meningkat menjadi 95,45% pada siklus II. Selanjutnya hasil tes evaluasi siklus I setelah dianalisis diperoleh persentase 31,03% yang berada pada kategori tidak baik dan kualifikasi tidak tuntas mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 89,65% yang berada pada kategori baik dan kualifikasi tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi keanekaragaman hayati dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII I SMP Negeri 6 Kupang.

Kata kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, dan Keanekaragaman Hayati


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
DINI SEVIA MARIA BORA - Personal Name
Student ID
2101040003
Dosen Pembimbing
ANDAM S ARDAN - 197205271999032001 - Dosen Pembimbing 1
PAULUS TAEK - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yusnaeni - 197502032000122001 - Ketua Penguji
Andam S Ardan - 197205271999032001 - Penguji 1
PAULUS TAEK - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 MAR P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA