Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Dalam Pembelajaran Tentang Kedatangan Bangsa-Bangsa Asing Di Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN Kelapa Lima Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Dalam Pembelajaran Tentang Kedatangan Bangsa-Bangsa Asing Di Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN Kelapa Lima Kota Kupang

XML

Penelitian ini diadakan di SDN Kelapa Lima Kota Kupang, dengan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pada siklus I dari 30 orang yang tuntas 9 orang (30%), tuntas karena tidak bermain pada saat pembelajaran berlangsung, menyimak dengan baik penjelasan guru, memahami materi yang diajarkan, mempresentasikan hasil diskusi, mengerjakan soal tes dengan benar. Sedangkan yang tidak tuntas 21 orang (70%), dinyatakan belum tuntas karena bermai/bercerita pada saat pembelajaran berlangsung, belum memahami materi yang diajarkan, belum mampu mengerjakan soal tes dan soal games tournament dengan benar. Kekurangan guru yakni belum mampu menguasai kelas dan memberikan motivasi kepada peserta didik, guru menjelaskan materi tidak sesuai dengan alokasi waktu yang ditentukan. Selanjutnya, Siklus II dari 30 peserta didik, dinyatakan tuntas 25 orang (83,33%), karena peserta didik mampu bekerja sama dalam belajar kelompok dengan baik, mampu mengikuti pembelajaran dengan penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament dengan baik, mampu bertanya dan menjawab pertanyaan yang guru berikan, mampu memahami dengan baik penjelasan guru, mampu mengerjakan soal evaluasi dan soal Games Tournament dengan baik. Sedangkan yang tidak tuntas 5 orang (16,66%) tidak tuntas disebabkan masih kurang aktif di kelas, tidak memperhatikan penjelasan guru, untuk 5 orang yang tidak tuntas akan diberikan remedial dan pengayaan oleh wali kelas.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Metode Pembelajaran Teams games Tournament (TGT) Untuk Mengingkatkan Hasil Belajar Peserta didik Tentang Kedatangan Bangsa-Bangsa Asing Di Indonesia pada siswa kelas VI SDN Kelapa Lima kota Kupang, dapat Meningkatkan Hasil belajar Peserta Didik.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), Hasil belajar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
GERMALIA CEUNFIN - Personal Name
Student ID
2001140015
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Ketua Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 CEU P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA