Skripsi
Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas VIII SMPN 11 Kupang Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
XML
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar siswa melauli model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem peredaran darah SMP Negeri 11 Kupang. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 25 Februari dan 7 Maret 2025 di SMP Negeri 11 Kupang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu, tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dalam penelitian dianalisis menggunakan observasi Keterampilan guru, aktivitas siswa, dan tes hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem peredaran darah dapat meningkatkan hasil siswa kelas VIIIB SMP Negeri 11 Kupang. Terbukti dari siklus I ke siklus II hasil belajar peserta meningkat sebesar 25% kategori baik, kualifikasi tuntas dan aktivitas peserta didik siklus I ke siklus II meningkat sebesar 23,21% kategori sangat baik, kualifikasi berhasil. Sedangkan untuk keterampilan guru siklus I ke siklus II meningkar sebesar 19,64% kategori sangat baik kualifikasi berhasil. Peran media audio visual dalam pembelajaran berbasis masalah mengajarkan siswa untuk lebih terbiasa dengan teknologi digital, sekaligus meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci : Media Pembelajaran Audio Visual, Hasil Belajar, dan Problem Bassed Learning.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
MARIA RUDOLFAN UNGGAS - Personal Name
|
Student ID |
2101040077
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Andam S Ardan - 197205271999032001 - Penguji 1
Dr.Drs.Moses Kopong Tokan, M.Si - - Penguji 2 Arini Rahma Dhani - 19890421 202203 2 004 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Biologi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.05 UNG P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |
Lampiran Berkas
- Teachers’ Strategies In Teaching English Writingto Second-Grade Students Of SMAN 2 KupangSkripsi calon wisudawan S1, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP Undana, periode juni 2023