Skripsi
Peran Guru Dalam Menanamkan Perilaku Sopan Santun Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Kristen Citra Bangsa Mandiri
XML
Guru merupakan individu yang memegang tanggung jawab kepada siswa dalam lingkungan pendidikan, guru tidak hanya menyampaikan pengetahuan akademis, tetapi juga ikut serta dalam membentuk karakter, nilai-nilai, dan keterampilan sosial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam menanamkan perilaku sopan santun anak usia 5-6 tahun di TK Kristen Citra Bangsa Mandiri. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Informan penelitian adalah guru kelompok B1 dan Kepala Sekolah di TK Kristen Citra Bangsa Mandiri. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Setelah data terkumpul, dilakukan penyajian data untuk kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa peran guru dalam menanamkan perilaku sopan santun anak usia 5-6 tahun sudah sangat baik, dimana guru menjalankan 3 peran yaitu guru sebagai model: guru memberikan contoh seperti mengucapkan salam, menggunakan bahasa yang baik (permisi, tolong, maaf dan terima kasih) dan menghargai orang lain. Guru sebagai motivator, guru memberikan motivasi seperti pujian,mengucapkan terima kasih dan meminta teman-teman tepuk tangan serta memberikan stiker smile. Guru sebagai evaluator, guru melakukan evaluasi sikap dan perilaku bersama anak saat kegiatan penutup dengan menanyakan perasaan anak serta kejadian yang terjadi selama proses pembelajaran.
Kata kunci : peran guru; sopan santun; anak usia dini
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
ERMALISA OKNALIA MALI - Personal Name
|
Student ID |
2101180028
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Credo Betty - 19901215201832001 - Ketua Penguji
Gokma Nafita Tampubolon - 19881109 202406 2 002 - Penguji 1 Sartika Kale, S.Pd.,MP.d - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86207
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.07 MAL P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |