Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII di SMP Kristen 3 Soe

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII di SMP Kristen 3 Soe

XML

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Kristen 3 Soe sehingga menyebabkan siswa kesulitan pada saat menyelesaikan soal-soal dalam kehidupan sehari-hari pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII di SMP Kristen 3 soe melalui penerapan model pembelajaran problem based learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa peningkatan hasil observasi guru dan siswa berturut-turut adalah 83% menjadi 91% dan 72% menjadi 94%. Peningkatan persentase indikator interpretasi dari 20% menjadi 75,5% dan menjadi 90,25%, peningkatan persentase indikator analisis dari 0,72% menjadi 76,75% dan menjadi 90,5%, peningkatan persentase indikator evaluasi dari 2,16% menjadi 66,5% dan menjadi 78,75% dan peningkatan persentase indikator inferensi dari 1,44% menjadi 60,25% dan menjadi 76%. Peningkatan persentase kemampuan berpikir kritis secara klasikal dari 6,09% menjadi 69,75% kemudian menjadi 83,87%. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Kristen 3 Soe meningkat melalui penerapan model pembelajaran problem based learning.
Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Ariesta Ifoni Seo - Personal Name
Student ID
1801030056
Dosen Pembimbing
Juliana M.H. Nenohai - 196407021993032005 - Dosen Pembimbing 1
Yohanes Hariaman Nada - 199208102022031005 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Juliana M H Nenohai - 196407021993032005 - Ketua Penguji
Yohanes Hariaman Nada - 19920810 202203 1 005 - - Penguji 1
Imelda H. E. Rimo, M. Si - 19890603 20232 1 004 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Seo P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA