Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 3 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 3 Kupang

XML

Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 3 Kupang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning dengan yang tidak mengguakan model Problem Based Learning serta mengetahui pengaruh model Problem Based Learning pada hasil belajar siswa Kelas XII IPS di SMA Negeri 3 Kupang. Metode penelitian adalah kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen.Subjek dalam penelitian ini terdiri atas dua kelas, Kelas XII IPS 1 sebagai kelas kontrol dan Kelas XII IPS 3 sebagai kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 3 Kupang yang berjumlah 101 siswa, sedangkan sampel pada penelitian ini Kelas XII IPS 1 dan XII IPS 3 sebanyak 66 Siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa yaitu observasi dan tes dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 10 soal. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung = 3,403 dan ttabel = 1,669. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga hipotesis alternatif yang diajukan dapat diterima yaitu model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa Kelas XII IPS 3 di SMA Negeri 3 Kupang. Perbedaan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar (73,97) dan kelas eksperimen sebesar (82,34). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan nilai hasil belajar antara Kelas kontrol (XII IPS 1) dan Kelas eksperimen (XII IPS 3). Hasil uji R Square menunjukkan 54,7%. Variabel hasil belajar dapat dijelaskan oleh variabel model pembelajaran Problem Based Learning dan sisanya 45,3% dijelaskan/ dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Belajar, Mata Pelajaran Ekonomi


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
YOHANES DEVILIO EFREM - Personal Name
Student ID
1901080007
Dosen Pembimbing
Markus U. K. Yewang - 196412231994031002 - Dosen Pembimbing 1
Erika Feronika BR Simanungkalit - 199212222019032017 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Markus U. K. Yewang, MM - 196412231994031002 - Ketua Penguji
ERIKA FERONIKA Br SIMANUNGKALIT - 199212222019032017 - Penguji 1
Alfridus Mau Manek - 199405282022031013 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Ekonomi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.03 EFR P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA