Skripsi
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 KUPANG
XML
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pencapaian hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kupang. Penelitian ini bertujuan untuk menelusuri pengaruh motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa. Metodologi penelitian yaitu kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal. Melalui teknik purposive sampling, penelitian ini memilih sampel 106 siswa meliputi kelas C, E, dan I dari total populasi 425 siswa kelas XI. Data didapatkan melalui kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan regresi linear berganda menggunakan SPSS V.27. Hasil temuan menyatakan motivasi belajar dan lingkungan keluarga secara individu memiliki pengaruh posistif dan signifikansi terhadap hasil belajar dengan masing-masing nilai 0,009 < 0,05 dan t-hitung 2,648 > t-tabel 1,98304 serta 0,010 < 0,05 dan t-hitung 2,609 > t-tabel 1,8304. Kemudian motivasi belajar dan lingkungan keluarga secara sama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa berdasarkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan Fhitung 18,043 > Ftabel 3,08. Koefisien determinasi kedua variabel bebas yaitu 0,259 atau 25,9% terhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Ruth Mulik - Personal Name
|
Student ID |
Ruth Mulik
|
Dosen Pembimbing |
Markus U.K.Yewang - 196412231994031002 - Dosen Pembimbing 1
Agustina Butar-Butar-1988081720222006 - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Yuninda Anaci Lulan - - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI |
87203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Ekonomi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.03 Mul P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |