Analisis Faktor Penentu Prestasi Akademik Siswa Usia 12-15 Tahun Di SMP Negeri 7 Ruteng

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Faktor Penentu Prestasi Akademik Siswa Usia 12-15 Tahun Di SMP Negeri 7 Ruteng

XML

Judul penelitian ini adalah Analisis Faktor Penentu Prestasi Akademik Siswa Usia 12-15 Tahun di SMP Negeri 7 Ruteng. Pendidikan merupakan faktor penting dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas. Prestasi akademik siswa ditentukan oleh berbagai faktor, baik dari dalam diri individu maupun lingkungan sekitarnya. Namun, kenyataan di SMP Negeri 7 Ruteng menunjukkan adanya berbagai kendala yang mempengaruhi prestasi akademik siswa berusia 12–15 tahun, seperti kurangnya motivasi belajar, minimnya keterlibatan orang tua, serta kondisi lingkungan belajar yang kurang mendukung. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada analisis faktor-faktor yang menentukan prestasi akademik siswa SMP Negeri 7 Ruteng. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apa saja faktor penentu prestasi akademik siswa usia 12–15 tahun di SMP Negeri 7 Ruteng?" Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap prestasi akademik siswa dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori ekologi dari Urie Bronfenbrenner, yang menyoroti bagaimana interaksi antara individu dan lingkungan sosialnya memengaruhi prestasi akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi akademik siswa ditentukan oleh berbagai faktor, baik dari mikrosistem (keterlibatan orang tua, interaksi dengan teman sebaya, dan peran guru), mesosistem (hubungan antara orang tua dan anak serta hubungan guru dan siswa), eksosistem (faktor ekonomi keluarga dan kebijakan sekolah), makrosistem (tekanan keluarga dan peran media sosial) hingga kronosistem (pengaruh teknologi dalam pembelajaran). Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa prestasi akademik tidak hanya dipengaruhi oleh faktor individual, tetapi juga oleh lingkungan sosial yang lebih luas, sehingga diperlukan sinergi antara keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam menciptakan kondisi belajar yang optimal bagi siswa. Diharapkan pihak sekolah, orang tua, dan siswa dapat bekerja sama untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif guna meningkatkan prestasi akademik siswa.
Kata Kunci: Faktor Penentu, Prestasi Akademik, Siswa SMP Usia 12-15 Tahun


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Elfrida Landus - Personal Name
Student ID
2103030033
Dosen Pembimbing
Hildigardis M. I. Nahak - 197905012006042001 - Dosen Pembimbing 1
JENI M ATAUPAH - 0031078707 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Hildigardis M I Nahak - 197905012006042001 - Ketua Penguji
Jeni Matelda Ataupah - 0031078707 - Penguji 1
Susana C L Pellu - 197110222005012001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Lan A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA