PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SD NEGERI OEBOBO 2

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SD NEGERI OEBOBO 2

XML

Skripsi oleh Rofindus Taek, NIM 2101140026, dengan judul ‘‘Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V SD Negeri Oebobo 2’’. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Penerapan Model Pembelajaran PBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas VA SD Negeri Oebobo 2. Dengan tujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran PBL dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila kelas VA SD Negeri Oebobo 2. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari beberapa tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tes serta refleksi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni deskriptif kualitatif dengan mencari ketuntasan hasil belajar siswa melalui lembar observasi dan lembar tes dengan subjek penelitian yang berjumlah 24 orang yang terdiri dari 14 laki-laki dan 10 perempuan.
Penelitian ini diadakan di SD Negeri Oebobo 2 dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 dari 24 siswa yang tuntas 10 orang (41,66%) tuntas karena selama proses pembelajaran berlangsung siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran dengan menjawab pertanyaan yang diberikan guru, tidak bermain saat guru sedang memaparkan materi, siswa berpartisipasi aktif dalam diskusi kelompok serta siswa menjawab soal sesuai dengan pertanyaan yang diberikan didalam lembar soal. Selanjutnya yang tidak tuntas 14 orang (58,33%) tidak tuntas karena siswa kurang berpartisipasi aktif dalam menjawab pertanyaan yang diberikan guru karena belum berani dan kurang percaya diri, siswa kurang memperhatikan dan mendengarkan penjelasan mengenai materi keberagaman budaya yang dijelaskan guru, siswa kurang aktif dalam diskusi kelompok dan bekerjasama didalam kelompok, serta siswa belum mampu untuk menyimpulkan hasil pembelajaran. Selanjutnya pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari 24 siswa yang tuntas 24 orang (100%) tuntas karena siswa sudah berpartisipasi aktif dalam menjawab dan mengajukan pertanyaan kepada guru selama proses pembelajaran berlangsung di kelas, siswa mulai memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru, siswa mulai aktif bekerja sama dan terlibat aktif saat diskusi berlangsung didalam kelompok, siswa sudah mampu menyimpulkan materi yang dipelajari serta siswa mengerjakan soal evaluasi dengan teliti dan benar.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran pendidikan pancasila dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri Oebobo 2.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Rofindus Taek - Personal Name
Student ID
2101140026
Dosen Pembimbing
ANDREAS ANDE - 19621010198903 1 004 - Dosen Pembimbing 1
Martha Khristina Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Andreas Ande - 196210101989031004 - Ketua Penguji
Martha Khristina Kota - 9900007842 - Penguji 1
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Tae P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA