Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Versus Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Sejarah Di Smk Swastisari Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Versus Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Sejarah Di Smk Swastisari Kupang

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan perbedaan hasil belajar yang diperoleh peserta didik yang di ajarkan dengan model pembelajaran PBL dengan hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran Ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMK Swastisari sedangkan Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X1 A dan X1 B yaitu kelas X1 A (Program Akuntansi) sebagai kelas Eksperimen dan kelas X1 B (Program Pemasaran) sebagai kelas Kontrol menggunakan teknik Cluster Sampling. Dalam teknik Cluster Sampling, peneliti melakukan sampling acak dari beragam cluster dari populasi. Metode dalam penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian Eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas data, uji homogenitas data, dan uji “t” statistic dengan bantuan aplikasi SPSS 16,00, dengan taraf signifikan (ɑ)= 0,05. Berdasarkan hasil analisis data nilai probabilitas 0,548 > 0,05. Kriteria Ho diterima jika probabilitas > 0,05. Artinya kedua kelompok data hasil penelitian berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Diperoleh hasil uji homogenitas, yaitu; nilai probabilitas 0,102 > 0,05. Kriteria Ho diterima jika probabilitas > 0,05. Artinya kedua kelompok data hasil penelitian berasal dari populasi yang homogen. Hasil Analisis uji “t” diketahui bahwa skor rata-rata hitung posstest hasil belajar sejarah Indonesia peserta didik menurut model pembelajaran diperoleh nilai Fhitung sebesar 3.499 dengan nilai signifikansi probabilitas sebesar 0,002. Nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05, atau Ho ditolak pada tingkat signifikansi 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikansi pada skor rata-rata hitung (mean) hasil belajar sejarah Indonesia peserta didik SMK yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran Ekspositori. Skor rata-rata hitung posstest hasil belajar sejarah Indonesia peserta didik yang mendapat perlakuan dengan model pembelajaran Problem Based Lerarning (PBL) lebih tinggi dari skor rata-rata hitung posstest hasil belajar sejarah Indonesia peserta didik yang mendapat perlakuan dengan model pembelajaran Ekspositori.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Ekspositori, Hasil Belajara, Pembelajaran Sejarah


Detail Information

Item Type
Penulis
KATARINA SERINDA - Personal Name
Student ID
1601090003
Dosen Pembimbing
DJAKARIAH - 196612051991031002 - Dosen Pembimbing 1
FRANSINA APRILYSE NDOEN - 198608022014042001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Djakariah - 196612051991031002 - Ketua Penguji
Fransina Aprilyse Ndoen - 198608022014042001 - Penguji 1
Susilo Setyo Utomo - 198906242014041001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 SER P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA