Pengembangan Media Pembelajaran Materi Statistika Berbasis Android Menggunakan Mit App Inventor Pada Siswa Kelas VIII SMP N 19 Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengembangan Media Pembelajaran Materi Statistika Berbasis Android Menggunakan Mit App Inventor Pada Siswa Kelas VIII SMP N 19 Kota Kupang

XML

Penelitian berjudul Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Menggunakan MIT App Inventor Pada Materi Statistika Siswa Kelas VIII SMP N 19 Kota Kupang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis aplikasi android menggunakan MIT App Inventor Pada Materi Statistika Siswa Kelas VIII SMP N 19 Kota Kupang sebagai sumber belajar mandiri yang valid, praktis dan efektif.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) serta model yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi android ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kevalidan, teknik analisis kepraktisan dan teknik analisis keefektifan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis android yang telah dikembangkan ini layak digunakan dalam pembelajaran materi Statistika Siswa Kelas VIII SMP N 19 Kota Kupang. Hasil kelayakan media pembelajaran tersebut diperoleh dari penilaian ahli materi dengan rata – rata 4,00 yang termasuk dalam kategori “valid” dan penilaian ahli media 4,36 sehingga dikategorikan “sangat valid”, respon guru mata pelajaran dengan rata – rata hasil respon yaitu 4,43 sehingga termasuk dalam kategori “sangat praktis”, serta hasil tes peserta didik dan respon peserta didik menggunakan media pembelajaran diperoleh presentasi kelulusan peserta didik sebesar 80,65% sehingga termasuk dalam kategori “sangat efektif”, sedangkan untuk rata – rata respon peserta didik untuk media pembelajaran ini adalah 4,44 sehingga berdasarkan hasil tes dan respon peserta didik maka media pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kategori “sangat efektif”.

Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran berbasis Android, Statistika


Detail Information

Item Type
Penulis
Silvana Yumalen Lima - Personal Name
Student ID
1701030023
Dosen Pembimbing
KRISNANDARI EKOWATI - 196409171990032001 - Dosen Pembimbing 1
JULIANA M H NENOHAI - 196407021993032005 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Juliana M H Nenohai - 196407021993032005 - Penguji 1
Magdalena Wangge, M.Pd - 19930315 201903 2 026 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Ima P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA