Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Aplikasi Android dengan Menggunakan Software Ispring Suite 6 pada Materi Perbandingan untuk Siswa Kelas VII SMPN 1 Atambua

Detail Cantuman

Skripsi

Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Aplikasi Android dengan Menggunakan Software Ispring Suite 6 pada Materi Perbandingan untuk Siswa Kelas VII SMPN 1 Atambua

XML

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS APLIKASI ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE ISPRING SUITE 6 PADA MATERI PERBANDINGAN UNTUK SISWA KELAS VII SMPN 1 ATAMBUA
Helmina Shinthia Oa Demon (1701030032)
Jurusan Pendidikan Matematika, Program Sarjana, Pendidikan Matematika
Sintyalioneldemon@gmail.com

ABSTRAK

Penelitian berjudul Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Aplikasi Android dengan Menggunakan Software Ispring Suite 6 pada Materi Perbandingan untuk Siswa Kelas VII SMPN 1 Atambua bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis aplikasi anroid dengan menggunakan Software Ispring Suite 6 pada materi Perbandingan untuk Siswa kelas VII SMPN 1 Atambua dan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis aplikasi android menggunakan Software Ispring Suite 6 pada Materi Perbandingan untuk siswa kelas VII SMPN 1 Atambua yang meliputi aspek valid, praktis, dan efektif.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) serta model yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi android ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kevalidan, teknik analisis kepraktisan dan teknik analisis keefektifan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi android yang telah dikembangkan ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran materi Perbandingan untuk Siswa Kelas VII SMPN 1 Atambua. Hasil kelayakan media pembelajaran tersebut diperoleh dari penilaian ahli materi dengan rata – rata 4,05 dan penilaian ahli media 4,6 sehingga dikategorikan “valid”, respon guru mata pelajaran dengan rata – rata hasil respon yaitu 4,4 sehingga termasuk dalam kategori “praktis”, serta hasil tes peserta didik dan respon peserta didik menggunakan media pembelajaran diperoleh presentasi kelulusan peserta didik sebesar 83,33% sehingga termasuk dalam kategori “sangat baik”, sedangkan untuk rata – rata respon peserta didik untuk media pembelajaran ini adalah 4,68 sehingga berdasarkan hasil tes dan respon peserta didik maka media pembelajaran yang dikembangkan efektif.

Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran berbasis Android, Perbandingan


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1701030032
Dosen Pembimbing
WARA SABON DOMINIKUS - 196708041993031003 - Dosen Pembimbing 1
JULIANA M H NENOHAI - 196407021993032005 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Wara Sabon Dominikus - 196708041993031003 - Penguji 1
Juliana M. H. Nenohai - 19640702 199303 2 005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Mon P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA