Skripsi
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Menggunakan Power Point Dan Ispring Suite 9 Pada Materi Aritmetika Sosial Untuk Siswa Kelas VII SMPN 1 Atambua
XMLSkripsi ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi android menggunakan power point dan iSpring Suite 9 pada materi aritmetika sosial untuk siswa kelas VII SMPN 1 Atambua yang valid, praktis, dan efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Research and Development (R&D) dengan model yang digunakan untuk proses pengembangan media ini yaitu model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap Analysis (analisis), Design (desain/perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Teknik dan instrumen data yang digunakan yaitu wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kevalidan, teknik analisis kepraktisan, dan teknik analisis keefektifan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Hasil ini diperoleh berdasarkan penilaian dari ahli materi dengan rata-rata 5 dan penilaian ahli media 4,47 sehingga dikategorikan “valid”, respon penggunaan dari guru mata pelajaran dengan rata-rata 5 dan respon penggunaan dari siswa 4,6 sehingga dikategorikan “praktis”, sedangkan untuk hasil tes siswa diperoleh persentase kelulusan sebesar 82,76% sehingga penggunaan media pembelajaran tersebut efektif.
Kata kunci: Aritmetika Sosial, iSpring Suite 9, Pengembangan Media, Power
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Diana Cintya Dola - Personal Name
|
Student ID |
1701030045
|
Dosen Pembimbing |
JULIANA M H NENOHAI - 196407021993032005 - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
Wara Sabon Dominikus - 196708041993031003 - Ketua Penguji
Juliana M H Nenohai - 196407021993032005 - Penguji 1 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 DOL P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |