Strategi Rumah Literasi Thomas Edison Dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Di Desa Lilo, Kecamatan Amanatun Utara, Kabupaten Timor Tengan Selatan

Detail Cantuman

Skripsi

Strategi Rumah Literasi Thomas Edison Dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Di Desa Lilo, Kecamatan Amanatun Utara, Kabupaten Timor Tengan Selatan

XML

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalahan rendahnya minat baca masyarakat di wilayah pedesaan, khususnya di Desa Lilo, Kecamatan Amanatun Utara, Kabupaten Timor Tengah Selatan. Kurangnya akses terhadap bahan bacaan, fasilitas literasi, dan minimnya kegiatan membaca menjadi tantangan yang memerlukan solusi konkret. Rumah Literasi Thomas Edison hadir sebagai salah satu alternatif solusi dengan menerapkan berbagai strategi untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Evaluasi dilakukan untuk mengetahui sejauh mana strategi-strategi tersebut dapat memberikan pengaruh terhadap peningkatan budaya literasi di masyarakat. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan lokasi penelitian di Rumah Literasi Thomas Edison, Desa Lilo. Subjek dalam penelitian ini adalah direktur Rumah Literasi Thomas Edison, peserta kegiatan di Rumah Literasi Thomas Edison, dan masyarakat yang tidak ikut berpartisipasi dalam kegiatan rumah literasi Thomas Edison. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi langsung, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, guna memperoleh gambaran yang menyeluruh mengenai efektivitas strategi yang diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan oleh Rumah Literasi Thomas Edison seperti (1) Strategi sosialisasi aktif dilakukan melalui kegiatan di sekolah dan gereja dengan tujuan memperluas jangkauan informasi serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya literasi. (2) Penyediaan bahan bacaan yang berkualitas dan sesuai dengan minat anak-anak, dilengkapi dengan pendampingan khusus bagi mereka yang belum bisa membaca, menjadi langkah penting untuk menjangkau seluruh lapisan anak. (3) Pelaksanaan kegiatan rutin setiap dua bulan seperti lomba membaca, baca cepat, serta cipta dan baca puisi, terbukti efektif dalam membangun kreativitas, menumbuhkan kepercayaan diri, dan meningkatkan keterampilan berbahasa anak-anak. (4) Program-program yang dilaksanakan disesuaikan dengan kebutuhan serta budaya lokal sehingga terasa dekat dan relevan dengan kehidupan sehari-hari masyarakat.
Kata kunci: Literasi, Strategi, Minat Baca, Rumah Literasi


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2101170026
Dosen Pembimbing
Frans K. Selly - 0809028701 - Dosen Pembimbing 1
Rongky Y. Famdale - 197604042008121001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Frans K. Selly - - Ketua Penguji
Rongky Y. Famdale - 197604042008121001 - Penguji 1
Fransiskus F Goe Ray - 197406052006041001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Luar Sekolah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.05 TEF S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA