PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA TENTANG BUDAYA DAERAH INDONESIA DI KELAS V SD INPRES SIKUMANA 3 KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA TENTANG BUDAYA DAERAH INDONESIA DI KELAS V SD INPRES SIKUMANA 3 KOTA KUPANG

XML

Skripsi oleh Selviana Fransiska Sasi NIM.2101140105 dengan judul “Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Tentang Budaya Daerah Indonesia Di Kelas V SD Inpres Sikumana 3”. Masalah penelitian ini yakni bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi Budaya Daerah Indonesia melalui penggubaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing di kelas V SD Inpres Sikumana 3? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran pendidikan pancasila tentang materi Budaya Daerah Indonesia dengan menggunakanmodel pembelajaran Inkuiri Terbimbing di kelas V SD Inpres Sikumana 3. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan studi dokumentasi. Subjek penelitian berjumlah 24 siswa, dengan teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian ini diadakan di SD Inpres Sikumana 3, dengan hasil penelitian menunjukkan pada siklus I dari 24 siswa yang tuntas 14 siswa (58,33%), tuntas karena siswa aktif dalam memberikan pertanyaan dan menjawab pertanyaan guru, tidak mengganggu teman sebangkunya saat pembelajaran, serta mampu menyelesaikan soal tes dengan benar dan siswa juga sudah bisa bekerja sama dalam kelompok dengan baik. Sedangkan yang tidak tuntas pada siklus I yakni 10 orang (41,67%), tidak tuntas karena siswa masih belum fokus dan aktif dalam pembelajaran. Hal ini disebebkan karena dalam pembelajaran siswa suka mengganggu teman sebangkunya, siswa malu untuk bertanya dan menjawab pertanyaan guru sehingga ketika diberikan soal tes siswa belum mampu
menyelesaikannya dengan benar dan saat berdiskusi kelompok siwa tidak ikut berpartisipasi dengan baik. Selanjutnya pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa yaitu dari 26 siswa semuanya tuntas (100%) karena siswa telah aktif dalam pembelajaran, tidak mengganggu teman, mampu menyelesaikan soal tes dengan benar dan presentase hasil belajar telah mencapai kriteria ketuntasan. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tentang buadaya daerah Indonesia menggunakan Model
Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD Inpres Sikumana 3 Kota Kupang.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
SELVIANA FRANSISKA SASI - Personal Name
Student ID
2101140105
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Martha Khristina Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Andreas Ande - 196210101989031004 - Ketua Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Subyek
No Panggil
862.06 Sas P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA