Skripsi
ANALISIS LEVEL BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI BERDASARKAN TEORI BERPIKIR VAN HIELE DI KELAS VIII UPTD SMP NEGERI 13 KUPANG
XML
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan level berpikir geometri siswa kelas VIII berdasarkan teori Van Hiele. Teori Van Hiele mengklasifikasikan perkembangan berpikir geometri menjadi lima level hierarkis, yaitu: level 0 (visualisasi), level 1 (analisis), level 2 (deduksi informal), level 3 (deduksi), dan level 4 (rigor).
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di UPTD SMP Negeri 13 Kupang dengan subjek penelitian sebanyak 60 siswa dari kelas VIII C dan VIII G. Pengumpulan data dimulai dengan pemberian Van Hiele Geometry Test (VHGT) untuk mengidentifikasi level berpikir geometri siswa, dilanjutkan dengan wawancara semi-terstruktur untuk menggali pemahaman siswa secara mendalam. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi metode antara hasil tes dan wawancara untuk memastikan konsistensi dan keakuratan interpretasi level berpikir geometri siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir geometri siswa masih berada pada tahap awal hierarki Van Hiele dengan distribusi: 30% siswa pada Level 0 (Visualisasi), 43,3% pada Level 1 (Analisis), 16,7% pada Transisi Level 1, 8,3% pada Transisi Level 2, dan 1,7% pada Transisi Level 3. Tidak ada siswa yang mencapai Level 2, Level 3, maupun Level 4 secara penuh. Analisis wawancara mengungkapkan bahwa siswa dalam kategori transisi menunjukkan proses berpikir yang berkembang secara bertahap dan saling berhubungan, dengan beberapa siswa Level 1 sebenarnya menunjukkan karakteristik Transisi Level 1 yang mampu menyebutkan sifat-sifat bangun geometri namun belum konsisten. Temuan ini mengindikasikan perlunya pendekatan pembelajaran yang mendukung perkembangan berpikir geometri secara bertahap dan kontekstual.
Kata Kunci: Geometri, Level Berpikir, Teori Van Hiele, VHGT
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Muliasti Yufincer Manu - Personal Name
|
Student ID |
2101030018
|
Dosen Pembimbing |
Damianus Dao Samo - 19831231 2012212 1 003 - Dosen Pembimbing 1
Irna Karlina Sensiana Blegur - 19931204 202012 2 015 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Yohanes Hariaman Nada - 19920810 202203 1 005 - - Ketua Penguji
Damianus Dao Samo - 198312312012121003 - Penguji 1 Irna Karlina Sensiana Blegur - 19931204 202012 2 015 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 Man A
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |