Eksplorasi Etnomatematika Dalam Budaya “Lingko Lodok” Manggarai Dan Integrasinya Dalam Pembelajaran Matematika

Detail Cantuman

Skripsi

Eksplorasi Etnomatematika Dalam Budaya “Lingko Lodok” Manggarai Dan Integrasinya Dalam Pembelajaran Matematika

XML

Matematika adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempunyai kontribusi besar dalam kehidupan sehari-hari. Matematika berperan sebagai dasar bagi pengembangan pengetahuan yang lain. Matematika merupakan ilmu pendukung bagi berbagai ilmu yang lain dalam menemukan solusi atas berbagai masalah yang muncul, selain itu berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. matematika mempunyai peran yang baik dalam berbagai budaya yang berbeda-beda, tepatnya pada kebiasaan suatu kelompok masyarakat tentang tradisi masyarakat tertentu. Maka dari itu, matematika dan budaya saling berkaitan satu dengan yang lain dan menjadi unsur penting dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan matematika dalam budaya lingko lodok serta menyusun perangkat pembelajaran sesuai dengan konsep matematika yang ditemukan.
Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 12 Februari 2025 sampai 28 Februari 2025 dengan narasumber sebanyak 3 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan etnografi. Instrumen utama adalah peneliti sendiri, yang berperan mengumpulkan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Uji keabsahaan data yaitu dengan triangulasi sumber. Data diidentifikasi dan dianalisis menggunakan karakteristik-karakteristik etnomatematika yang kemudian dihubungkan dengan konsep pembelajaran matematika sekolah dan dikembangkan pada perangkat pembelajaran matematika.
Berdasarkan pada hasil penelitian yang telah dilakukan di Desa Meler Kabupaten Manggarai, didapatkan aktivitas-aktivitas matematika dalam budaya lingko lodok diantaranya menghitung, mengukur, melokalisir, merancang dan menjelaskan. Kemudian beberapa konsep matematika yang diperoleh yaitu penjumlahan, statistik, perbandingan, pengukuran dan juga geometri. Konsep-konsep matematika tersebut dapat digunakan sebagai acuan atau referensi dalam pengembangan perangkat pembelajaran matematika di sekolah. Pada penelitian ini konsep geometri dalam budaya lingko lodok yang dijadikan contoh untuk dirancang dalam perangkat pembelajaran.

Kata Kunci: Etnomatematika, Budaya Lingko Lodok dan Pembelajaran Matematika


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
EQUILINA YOFRANI BANERA - Personal Name
Student ID
2101030006
Dosen Pembimbing
WARA SABON DOMINIKUS - 196708041993031003 - Dosen Pembimbing 1
Aleksius Madu - 19781215 202321 1 005 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Irna Karlina Sensiana Blegur - 19931204 202012 2 015 - Ketua Penguji
Wara Sabon Dominikus - 196708041993031003 - Penguji 1
Aleksius Madu - 19781215 202321 1 005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 BAN E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA