PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERDIALOG SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 KUPANG MELALUI PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN

Detail Cantuman

Skripsi

PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERDIALOG SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 KUPANG MELALUI PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN

XML

Fokus penelitian ini adalah “Bagaimana peran guru dalam mengembangkan keterampilan berdialog siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Kupang melalui penggunaan metode bermain peran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran guru dalammengembangkan keterampilan berdialog siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Kupang melalui penggunaan metode bermain peran. Teori yang digunakan adalah Teori Pemrosesan Informasi, karena yang diukur dalam penelitian ini adalah peran seorang guru dalam mengembangkan keterampilan berdialog terhadap siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deksriptif kualitatif. Pada penelitian ini, peneliti memilih materi keterampilan berdialog dengan menggunakan metode bermain peran yang sesuai dengan Kurilkulum Merdeka Edisi Revisi kelas VII pada semester ganjil fase D 7.3.1 Menyampaikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan, atau pesan untuk tujuan pengajuan usul, pemecahan masalah, dan pemberian solusi secara lisan dalam bentuk monolog dan dialog secara logis, kritis, dan kreatif. Metode Bermain Peran merupakan sebuah metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa khususnya pembelajaran keterampilan berdialog. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan pada seorang guru Bahasa Indonesia dan 24 siswa kelas VII-C SMP Negeri 7 Kupang, peran guru dalam mengembangkan keterampilan berdialog siswa kelas VII SMP Negeri 7 Kupang melalui penggunaan metode bermain peran dapat dikatakan belum efektif. Hasil tersebut dapat dilihat dari persentase tingkat keberhasilan 64,58% siswa tidak mampu berdialog dengan menggunakan metode bermain peran yaitu capaian nilai mulai dari 70-100. Siswa yang dikatakan tuntas atau melampaui KKM berjumlah 8 orang dengan persentase 33,33 %, sedangkan siswa yang tidak tuntas berjumlah 16 orang dengan persentase 66,66%.
Kata kunci: peran guru, keterampilan berdialog, bermain peran


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
APLIANA SOLIDARCE POY - Personal Name
Student ID
2101010034
Dosen Pembimbing
LABU DJULI - 196207031990031002 - Dosen Pembimbing 1
Karus M. Margareta - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Labu Djuli, M.Hum - 196207031990031002 - Ketua Penguji
Dra. Karus M. Margaretha, M.Pd - - Penguji 1
Semuel Hajai Nitbani - 196105021989031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
88201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang, Nusa Tenggara Timur.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
882.01 POY P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA