Skripsi
Penerapan Metode Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas V SD GMIT Oepura Pada Teks Prosedur
XML
Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa aktivitas guru dan siswa memperoleh nilai rata-rata 60 dan 51,25 sehingga keduanya tergolong kriteria kurang penyebabnya hasil yang rendah yakni siswa tidak memperhatikan penjelasan guru, tidak aktif berdiskusi, tidak menanyakan materi yang belum dipahami, dan belum mampu menjawab soal yang diberikan. Pada siklus I guru kurang menguasai kelas dan hanya memperhatikan siswa yang aktif saja, belum membimbing siswa secara individual, guru kurang maksimal dalam membantu siswa menyimpulkan pembelajaran. Selanjutnya pada pembelajaran siklus II aktivitas guru dalam kelas sudah mengalami peningkatan yaitu nilai observasi guru sebesar 86 dengan kriteria Sangat Baik (SB) dan rata-rata hasil tes siswa yaitu 87,39 dengan kriteria Sangat Baik (SB). Pada siklus II guru mencoba memperbaiki pembelajaran sebelumnya sehingga ketuntasan siswa pada siklus II meningkat dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 86,3%. Hal ini dibuktikan dengan terjadinya peningkatan hasil belajar, dimana pada siklus II semua siswa telah mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal. Hal ini terjadi karena berdasarkan hasil refleksi dari siklus I sehingga di siklus II guru telah memperbaiki kekurangan pada siklus sebelumnya dan membuat penelitian ini dihentikan karena telah mencapai target yang diinginkan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dan dilaksanakan maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
RONA NENOLIU - Personal Name
|
Student ID |
2101140103
|
Dosen Pembimbing |
LABU DJULI - 196207031990031002 - Dosen Pembimbing 1
Maxel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Dr. Labu Djuli, M.Hum - 196207031990031002 - Ketua Penguji
Maxel Koro, S.Pd., M.Pd - 19901118 201903 1 007 - - Penguji 1 Markus Sampe S.Pd, M.M - 196406061999021004 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 NEN P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |