PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA YANG BERKAITAN DENGAN WUJUD ZAT MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIVEVEMENT DIVISION PADA SISWA KELAS IV SDN 1 BONIPOI KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA YANG BERKAITAN DENGAN WUJUD ZAT MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIVEVEMENT DIVISION PADA SISWA KELAS IV SDN 1 BONIPOI KOTA KUPANG

XML

Skripsi oleh Prudensius Bala Puor NIM. 2101140165 dengan judul “Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Yang Berkaitan Dengan Wujud Zat Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Bonipoi Kota Kupang”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan wujud zat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada siswa kelas IV SDN 1 Bonipoi Kota Kupang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada
materi wujud zat karena metode pembelajaran yang kurang bervariasi dan kurang mendorong partisipasi aktif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tes, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 24 siswa kelas IV yang terdiri dari 15 laki-laki dan 9 perempuan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data yang meliputi data observasi dan analisis data
hasil tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan yang signifikan pada kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita terkait wujud zat. Pada siklus I, persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 66,67%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 91,67%. Aktivitas guru dan siswa juga mengalami peningkatan dari kategori baik menjadi sangat baik. Hasil ini menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita, khususya pada materi wujud zat. Penelitian ini menyarankan agar model STAD dapat digunakan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya dalam pembelajaran IPAS di tingkat sekolah dasar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Prudensius Bala Puor - Personal Name
Student ID
2101140165
Dosen Pembimbing
Markus Sampe S.Pd, M.M - 196406061999021004 - Dosen Pembimbing 1
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Angelikus Nama Koten - 196109161987021001 - Ketua Penguji
Markus Sampe S.Pd, M.M - 196406061999021004 - Penguji 1
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Pou P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA