PENERAPAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD INPRES NAIKOTEN 2

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD INPRES NAIKOTEN 2

XML

Skripsi ini disusun oleh Helena Maria Be Bunga An NIM 2101140012 dengan judul Penerapan Model Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Ular Tangga pada Materi Perubahan Wujud Benda untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres Naikoten 2. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana penerapan model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media ular tangga pada materi perubahan wujud benda untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Naikoten 2?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) yang dipadukan dengan media permainan edukatif berupa ular tangga. Metode penelitian yang digunakan yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek sebanyak 19 siswa, terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I terdapat 11 siswa (57,89%) yang mencapai ketuntasan belajar. Sementara itu, 8 siswa (42,11%) belum tuntas karena kurang konsentrasi dan kesulitan memahami soal. Pada siklus II, hasil belajar meningkat dengan 17
siswa (89,47%) mencapai ketuntasan. Peningkatan ini dipengaruhi oleh keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, kerja sama kelompok, serta pemahaman materi yang lebih baik. 2 siswa (10,53%) yang belum tuntas akan diberikan program remedial oleh wali kelas. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model TGT berbantuan media ular tangga terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda di kelas IV SD Inpres Naikoten 2


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Helena Maria Be Bunga An - Personal Name
Student ID
2101140012
Dosen Pembimbing
LOLANG MARIA MASI - 198911082019032013 - Dosen Pembimbing 1
Netty E.A. Nawa, S.Pd, M.Pd - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Angelikus Nama Koten - 196109161987021001 - Ketua Penguji
LOLANG MARIA MASI - 198911082019032013 - Penguji 1
Netty E. A. Nawa, S.Pd., M.Pd - 197809292024212001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 An P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA