PENERAPAN MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATERI TEKS NARASI SEJARAH SISWA KELAS VB UPTD SD INPRES NAIKOTEN 2 KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATERI TEKS NARASI SEJARAH SISWA KELAS VB UPTD SD INPRES NAIKOTEN 2 KOTA KUPANG

XML

Skripsi oleh Melania Wonjal NIM 2101140160 dengan judul Penerapan Model Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Materi Teks Narasi Sejarah Siswa Kelas VB UPTD SD Inpres Naikoten 2 Kota Kupang. Dengan rumusan masalah adalah: Bagaimana Meningkatkan kemampuan Membaca Pemahaman siswa pada materi Teks Narasi Sejarah melalui Model Inkuiri di kelas VB UPTD SD Inpres Naikoten 2? Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan menerapkan model inkuiri di kelas VB UPTD SD Inpres Naikoten 2 Kota Kupang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Teknik analisis data yakni deskriptif kuantitatif dan kualittatif dengan subjek penelitian berjumlah 18 orang terdiri atas laki- laki 6 orang dan perempuan 12 orang. Penelitian ini dilaksanakan di UPTD SD Inpres Naikoten 2 Kota Kupang , dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I dari 18 peserta didik yang tuntas 8 orang (44,44%) karena peserta didik selalu aktif selama kegiatan pembelajaran berlangsung, peserta didik memahami materi yang disampaikan oleh guru, peserta didik bekerja sama dalam kelompok saat menyelesaikan LKPD yang diberikan oleh guru dan mampu menyelesaikan soal tes dengan benar. Sedangkan yang tidak tuntas 10 orang (63,57%) karena peserta didik kurang konsentrasi dalam kegiatan pembelajaran berlangsung, kurang bekerja sama dengan teman kelompok saat menyelesaikan LKPD, suka bercerita dan bermain saat pembelajaran berlangsung dan belum mampu menyesaikan soal tes dengan benar. Selanjutnya pada siklus II Kemampua Membaca Pemahaman peserta didik mengalami peningkatan yaitu dari 18 peserta didik yang tuntas 16 orang (88,89%) karena peserta didik lebih aktif, konsentrasi dan terlibat langsung dalam kegiatan pembelajaran berlangsung, bekerja sama dalam kelompok saat menyelesaikan soal tes dengan benar. Sedangkan 2 orang peserta didik yang tidak tuntas (11,11%) akan diberikan pengaayaan oleh guru wali kelas. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diatas jadi dapat disimpulkan bahwa berdasarkan peningkatan Membaca Pemahaman dari siklus I ke siklus II sudah baik.
Oleh karena itu Penerapan Model Inkuiri dapat meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman peserta didik pada Teks Narasi Sejarah UPTD SD Inpres Naikoten 2 Kota Kupang


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Melania Wonjal - Personal Name
Student ID
2101140160
Dosen Pembimbing
Markus Sampe S.Pd, M.M - 196406061999021004 - Dosen Pembimbing 1
Netty E. A. Nawa, S.Pd., M.Pd - - 197809292024212001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Labu Djuli, M.Hum - 196207031990031002 - Ketua Penguji
Markus Sampe S.Pd, M.M - 196406061999021004 - Penguji 1
Netty E. A. Nawa, S.Pd., M.Pd - 197809292024212001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Won P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA