Kajian Literatur: Kemampuan Representasi Matematis Pada Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level)

Detail Cantuman

Skripsi

Kajian Literatur: Kemampuan Representasi Matematis Pada Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level)

XML

Kajian Literatur: Kemampuan Representasi Matematis Pada Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan TaRL (Teaching At The Right Level)
(Jusuf Tulus Dopong, Dra. Juliana M. H. Nenohai, M. Pd, Aleksius Madu, M.Pd)
Kemampuan representasi matematis merupakan kompetensi penting yang perlu dikuasai siswa dalam pembelajaran matematika karena berfungsi dalam menginterpretasikan, menyajikan, dan menyelesaikan masalah matematika melalui berbagai bentuk seperti visual, verbal, maupun simbolik. Namun, permasalahan yang sering muncul adalah kurangnya pemahaman siswa dalam mengubah konsep ke dalam representasi yang tepat, terutama akibat pembelajaran yang bersifat seragam dan tidak mempertimbangkan tingkat pemahaman individu. Untuk menyelesaikan permasalahan ini, pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) diterapkan sebagai strategi pembelajaran dengan menyesuaikan materi dengan kemampuan awal siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pendekatan TaRL dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa pada pembelajaran matematika.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR), yakni kajian literatur sistematis terhadap studi-studi primer yang relevan dengan topik penelitian. Proses penelitian mencakup perumusan pertanyaan penelitian, pencarian literatur melalui Google Scholar dengan kata kunci “kemampuan representasi matematis” dan “Teaching at the Right Level”, seleksi artikel sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi, serta analisis hasil-hasil penelitian yang diperoleh. Dari total 493 artikel, sebanyak 15 artikel yang relevan dipilih untuk dianalisis lebih lanjut. Artikel yang memenuhi kriteria mayoritas menerapkan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek siswa di berbagai jenjang pendidikan dan fokus pada peningkatan kemampuan representasi matematis menggunakan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL).
Hasil analisis menunjukkan bahwa pendekatan TaRL efektif dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa, terbukti dari peningkatan skor rata-rata maupun ketuntasan belajar siswa dalam studi-studi yang dianalisis. Kemampuan representasi visual, simbolik, dan verbal siswa mengalami peningkatan signifikan melalui pembelajaran yang disesuaikan dengan kemampuan individu. Temuan ini mendukung bahwa pendekatan TaRL mampu mengatasi kesenjangan belajar dan memperkuat pemahaman matematis secara menyeluruh.
Kata kunci: Kemampuan representasi matematis, Teaching at the Right Level (TaRL), Systematic Literature Review (SLR).


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Jusuf Tulus Dopong - Personal Name
Student ID
1801030036
Dosen Pembimbing
Dra. Juliana M. H. Nenohai, M.Pd - NIP. 19640702 199303 2 005 - Dosen Pembimbing 1
Aleksius Madu, M.Pd - 197812152023211005 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Irna K. S. Blegur, M.Pd - 19931204 202012 2 015 - Ketua Penguji
Dra. Juliana M. H. Nenohai,M.Pd - 19640702 199303 2 005 - Penguji 1
Aleksius Madu, M.Pd - 1978121520232110005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Dop K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA