Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Fisika Siswa SMA Negeri 2 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Fisika Siswa SMA Negeri 2 Kupang

XML

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar fisika siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kupang melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning/PjBL). Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya motivasi siswa dalam pembelajaran fisika yang disebabkan oleh model pembelajaran konvensional yang kurang melibatkan siswa secara aktif. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas XI yang diberikan pembelajaran dengan pendekatan PjBL pada materi gelombang bunyi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan angket motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa setelah penerapan model PjBL. Pada siklus I, persentase rata-rata motivasi belajar siswa berada pada kategori sedang yaitu sebesar 61,87%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, motivasi belajar siswa meningkat menjadi 80,63% dan berada pada kategori tinggi. Dengan demikian, model pembelajaran berbasis proyek efektif digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan motivasi belajar fisika di tingkat sekolah menengah atas.

Kata kunci: Project Based Learning, Motivasi Belajar, Fisika, PTK, SMA Negeri 2 Kupang.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
TEFA RIDANO ASBANU - Personal Name
Student ID
2101050064
Dosen Pembimbing
Jannes Bastian Selly - 19920604 202203 1 007 - Dosen Pembimbing 1
TRI AYU LESTARI - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Welhelmina Kameo 199304182024212054 - - Ketua Penguji
Jannes Bastian Selly - 19920604 202203 1 007 - Penguji 1
TRI AYU LESTARI - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.03 ASB P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA