Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Fisika Siswa SMA Negeri 2 Kupang
XML
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar fisika siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kupang melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning/PjBL). Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya motivasi siswa dalam pembelajaran fisika yang disebabkan oleh model pembelajaran konvensional yang kurang melibatkan siswa secara aktif. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas XI yang diberikan pembelajaran dengan pendekatan PjBL pada materi gelombang bunyi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan angket motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa setelah penerapan model PjBL. Pada siklus I, persentase rata-rata motivasi belajar siswa berada pada kategori sedang yaitu sebesar 61,87%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, motivasi belajar siswa meningkat menjadi 80,63% dan berada pada kategori tinggi. Dengan demikian, model pembelajaran berbasis proyek efektif digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan motivasi belajar fisika di tingkat sekolah menengah atas.
Kata kunci: Project Based Learning, Motivasi Belajar, Fisika, PTK, SMA Negeri 2 Kupang.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
TEFA RIDANO ASBANU - Personal Name
|
Student ID |
2101050064
|
Dosen Pembimbing |
Jannes Bastian Selly - 19920604 202203 1 007 - Dosen Pembimbing 1
TRI AYU LESTARI - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Welhelmina Kameo 199304182024212054 - - Ketua Penguji
Jannes Bastian Selly - 19920604 202203 1 007 - Penguji 1 TRI AYU LESTARI - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.03 ASB P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |