Skripsi
PERSEPSI CALON GURU MATRMATIKA UNIVETSITAS NUSA CENDANA TERHADAP LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN
XML
Penelitian ini bertujuan untuk melihat persepsi calon guru matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Nusa Cendana terhadap literasi digital dalam pembelajaran, ditinjau dari latar belakang calon guru yang meliputi usia, gender, dan semester. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel ditentukan dengan rumus slovin sebanyak 214 responden sebagai jumlah minimal. Namun, jumlah data yang berhasil diperoleh yang digunakan dalam analisis berjumlah 243 mahasiswa aktif. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner yang terdiri dari 22 pernyataan yang mencakup lima aspek literasi digital. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif yaitu mengkategorikan tingkat literasi digital dengan Likert’s Summated Rating, kemudian analisis regresi variabel dummy, dan MANOVA. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi mayoritas responden terhadap literasi digital dalam pembelajaran berada pada kategori sedang hingga sangat tinggi. Selain itu, tidak ditemukan perbedaan persepsi literasi digital yang signifikan berdasarkan usia, gender, dan semester.
Kata Kunci: Persepsi, Calon Guru, Literasi Digital, Pembelajaran.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
LUCIANO ALMA HERENU - Personal Name
|
Student ID |
2101030052
|
Dosen Pembimbing |
Damianus Dao Samo - 19831231 2012212 1 003 - Dosen Pembimbing 1
Imelda Hendriani Eku Rimo - 19890603202312044 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Fransiska A. Halim - 19960402 202203 2 017 - Ketua Penguji
Damianus Dao Samo - 198312312012121003 - Penguji 1 Imelda Hendriani Eku Rimo - 19890603202312044 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 Her P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |