Pemberdayaan Perempuan Melalui Pelatihan Kewirausahaan Tenun Sotis (Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Empowering Pemuda Harapan Bangsa Kota Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Pemberdayaan Perempuan Melalui Pelatihan Kewirausahaan Tenun Sotis (Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Empowering Pemuda Harapan Bangsa Kota Kupang)

XML

Yermi Maku, NIM 1501170024, (2021) dengan Judul: Pemberdayaan Perempuan Melalui Pelatihan Kewirausahaan Tenun Sotis di PKBM Empowering Pemuda Harapan Bangsa Kota Kupang. Dosen yang membimbing dalam penulisan skripsi ini adalah Bapak Abdul Syukur, S.Pd.,M.Pd ,dan Ibu Erni R. Klau S.P.si. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Apa Faktor Pendukung dan Penghambat, bagaimana Proses, Hasil dan Dampak program Tenun Sotis terhadap pemberdayaan perempuan di PKBM Empowering Pemuda Harapan Bangsa Kota Kupang”. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Apa Faktor Pendukung dan Penghambat, bagaimana Proses, Hasil dan Dampak program Tenun Sotis terhadap pemberdayaan perempuan di PKBM Empowering Pemuda Harapan Bangsa Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskiriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di PKBM Empowering Pemuda Harapan Bangsa yang beralamat di Jln. H. Koroh. RT 002/RW 001 Kelurahan Bello, Kecamaatan Maulafa Kota Kupang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ialah Ibu-ibu tenun sotis PKBM Empowering Pemuda Harapan Bangsa Kota Kupang. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan langkah pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberdayaan program tenun sotis di PKBM Empowering Pemuda Harapa Bangsa Kota Kupang, dapat dipengaruhi oleh berbagai persoalaan yang dihadapi dalam menjalankan program tenun sotis yakni kurangnya kebutuhan-kebutuhan teknis seperti minimnya modal, waktu pengerjaan, serta alat dan bahan yang tersedia. Simpulan dalam penelitian ini adalah pogram pelatihan tenun sotis sangat dipengaruhi oleh faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa program tenun sotis PKBM Empowering Pemuda Harapan Bangsa telah mampu menjawab kebutuhan para pengrajin. Pernyataan ini didukung oleh data hasil penelitian yang menunjukkan bahwa program yang dilakukan oleh ibu-ibu pengrajin tenun dapat memberikan berupa sejumlah uang yang akan sangat membatu dalam kebutuhan keluarga. Kata kunci : PKBM, Pemberdayaan Perempuan, Tenun Sotis.


Detail Information

Item Type
Penulis
Yermi Maku - Personal Name
Student ID
1501170024As
Dosen Pembimbing
ABDUL SYUKUR - 198011162008121001 - Dosen Pembimbing 1
ERNI RASTER KLAU - 198506272008122002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fransiskus F Goe Ray - 197406052006041001 - Ketua Penguji
Emi Raster Klau - 198506272008122002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Luar Sekolah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.05 Mak P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA