Hubungan Kebiasaan Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Vi Sd Katolik Canossa Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Hubungan Kebiasaan Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Vi Sd Katolik Canossa Kupang

XML

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar siswa kelas VI SD Katolik Canossa Kupang. Dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan belajar siswa kelas VI SD Katolik Canossa Kupang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data yakni wawancara, angket dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Uji hipotesis meliputi uji korelasi Product Moment Populasi penelitian berjumlah 25 dengan rincian siswa laki-laki 10 orang dan siswa perempuan 15 orang.
Penelitian ini diadakan di SD Katolik Canossa Kupang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar variabel kebiasaan belajar dengan variabel prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kebiasaan belajar siswa kelas VI dengan nilai rata-rata hasil hitung 73,92 termasuk kategori tinggi, frekuensi paling tinggi 5 dengan nilai 75, nilai tengah 74, nilai minimum 68 dan nilai maksimum 80. (2) prestasi belajar siswa kelas VI dengan nilai rata hasil hitung74,5 termasuk kategori tinggi frekuensi paling tinggi 5 dengan nilai 75, nilai tengah 77, nilai minimum 46 dan nilai maksimum 98. (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar ditunjukan dengan adanya nilai rhitung < rtabel (0,712 < 0,381) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dengan taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian korelasi dalam penelitian ini tergolong kuat.
Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar siswa kelas VI SD Katolik Canossa Kupang dengan kategori kuat. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik kebiasaan belajar yang dilakukan oleh siswa maka semakin tinggi prestasi belajar yang dicapai siswa. Saran, guru harus memperhatikan dan memantau siswa-siswa yang prestasinya belajar rendah dan mengetahui bagaimana kebiasaan yang sering dilakukan siswa saat belajar agar dapat diarahkan sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang optimal.

Kata Kunci: kebiasaan, prestasi, belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1601140181
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
KARUS MARIA MARGARETA - 196210141990032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
BENEDIKTUS KASA - 195706141984031001 - Ketua Penguji
SILVESTER P. TANEOSILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 1
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
86206 Kue S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA