STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS IV A DI UPTD SD INPRES OEPURA 2 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS IV A DI UPTD SD INPRES OEPURA 2 KUPANG

XML

Skripsi ini membahas strategi guru dalam membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab siswa kelas IV A di UPTD SD Inpres Oepura 2 Kupang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa, dikarenakan melihat dari penyimpangan-penyimpangan yang jauh dari karakter mulia.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : (1) mengetahui metode apa saja yang digunakan guru dalam membentuk karakter disipin dan tanggung jawab siswa kelas IV A di UPTD SD Inpres Oepura 2 Kupang. (2) mengetahui pola pembiasaan apa saja yang digunakan guru dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas IV A di UPTD SD Inpres Oepura 2 Kupang siswa. (3) mengetahui Pola pembiasaan apa saja yang digunakan guru dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa kelas IV A di UPTD SD Inpres Oepura 2 Kupang
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang dianalisis dengan langkah-langkah yaitu mereduksi data, penyajian data,display dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa metode yang digunakan guru dalam membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab siswa kelas IV A di UPTD SD Inpres Oepura 2 Kupang, yaitu metode pembiasaan, metode keteladanan, dan metode memberi nasehat. Ada juga pola pembiasaan yang digunakan guru untuk membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab siswa kelas IV A di UPTD SD Inpres Oepura 2 Kupang yaitu dalam kegiatan pembelajaran guru menerapkan pembiasaan seperti berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, memberi kesempatan bagi siswa untuk memimpin dari hal-hal kecil agar siswa memiiki rasa tanggung jawab yang baik, mengucapkan salam ketika masuk ke dalam ruangan kelas ,menyelesaikan tugas tepat waktu, pemberian reward dan punishment, melaksanakan pket kebersihan sesuai jadwal, membiasakan siswa hadir tepat waktu, melalui keteladanan, dan mengajarkan nilai moral dan sopan santun.
Kata kunci : strategi, karakter disiplin dan tanggung jawab


ABSTRACT

Thesis by Lae, Tanti Yantri Novita. 2021. Teacher Strategies in Shaping Disciplined Characters and Responsibilities of Class IV A Students UPTD SD Inpres Oepura 2 Kupang. Essay. Elementary School Teacher Education, Faculty of Teacher Training and Education, Nusa Cendana University. Supervisor (I) Drs. Gaspar Melo, S.Pd., M.Pd. (II) Martha Khristina Kota, S.Pd., M.Pd.

Keywords: strategy, character of discipline and responsibility

This thesis discusses the teacher's strategy in shaping the discipline and responsibility character of grade IV A students at the UPTD SD Inpres Oepura 2 Kupang. This research is motivated by the importance of forming the character of students' discipline and responsibility, because they look at deviations that are far from noble character.
The aims of this study are to: (1) find out what methods are used by teachers in shaping the character of the discipline and responsibility of grade IV A students at UPTD SD Inpres Oepura 2 Kupang. (2) find out what habituation patterns are used by teachers in shaping the discipline character of grade IV A students at the UPTD SD Inpres Oepura 2 Kupang students. (3) find out what habituation patterns are used by the teacher in shaping the character of the responsibility of grade IV A students at the UPTD SD Inpres Oepura 2 Kupang
This study uses a qualitative approach with a qualitative descriptive type of research. Data collection techniques were carried out through observation, interviews and documentation which were analyzed by the steps of reducing data, presenting data, displaying and drawing conclusions.
Based on the results of the study, it showed that the methods used by the teacher in shaping the character of the discipline and responsibility of grade IV A students at the UPTD SD Inpres Oepura 2 Kupang, namely the method of habituation, the method of exemplary, and the method of giving advice. There is also a habituation pattern used by the teacher to shape the character of the discipline and responsibility of grade IV A students at the UPTD SD Inpres Oepura 2 Kupang, namely in learning activities the teacher applies habits such as praying before and after learning, providing opportunities for students to lead from small things. so that students have a good sense of responsibility, say hello when entering the classroom, complete assignments on time, give rewards and punishments, carry out cleaning packages according to schedule, get students to be present on time, through example, and teach moral values and courtesy .


Detail Information

Item Type
Penulis
Tanti Yantri Novita Lae - Personal Name
Student ID
1601140263
Dosen Pembimbing
GASPAR MELO - 195806241987031002 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Ketua Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Penguji 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : .,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
86206 Kue S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA