Skripsi
Permainan Tradisional Di Desa Tendarea Dan Upaya Orangtua Dalam Melestarikannya
XMLTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis permainan tradisional yang dikenal atau diketahui oleh orangtua yang memiliki anak usia 4-8 tahun di Desa Tendarea Kecamatan Nangapanda Kabupaten Ende dan upaya orangtua dalam melestarikannya. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 5 orangtua yang memiliki anak usia 4-8 tahun. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa jenis permainan tradisional yaitu bade (gasing), nebhe (petak umpet), terima (hadang), kaku ndalu (congklak), boi (boi-boian), jidhi bebha (engklek) dan klereng. Upaya orangtua dalam melestarikan permainan tradisional yaitu mengenalkan permainan tradisional kepada anak dengan mengajak dan memberikan motivasi kepada anak. Orangtua mengajarkan permainan tradisional yaitu orangtua terlibat secara langsung dengan cara mengarahkan anak dan secara tidak langsung orangtua sebagai penonton dan pendukung. Tidak megenalkan telepon seluler kepada anak dengan mengurangi anak dalam penggunaan telepon seluler seperti memberikan batas waktu, menyimpan dan menyembunyikan telepon seluler agar anak bisa bermain di luar lingkungan. Kata kunci: Permainan tradisional, upaya orangtua melestarikan
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Helena Ritu - Personal Name
|
Student ID |
1601180030
|
Dosen Pembimbing |
KRISTIN MARGIANI - 198003252008122003 - Dosen Pembimbing 1
ABDUL SYUKUR - 198011162008121001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Kristin Margiani - 198003252008122003 - Ketua Penguji
Vanida Mundiarti - 198003252008122003 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86207
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.07 Rit P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |