Implementasi Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS) Dalam Pelayanan Kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat Lewolaga Kecamatan Titehena Kabupaten Flores Timur

Detail Cantuman

Skripsi

Implementasi Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS) Dalam Pelayanan Kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat Lewolaga Kecamatan Titehena Kabupaten Flores Timur

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat ( JKN KIS) di Puskesmas Lewolaga Kecamatan Titehena Kabupaten Flores Timur. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Untuk mengetahui pengimplementasian Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS) di Puskesmas Lewolaga Kecamatan Titehena Kabupaten Flores Timur maka penulis menggunakan Model of the policy implementation menurut Michael Lipsky terdapat variabel-variabel yang mempengaruhi implementasi kebijakan yaitu kewenangan diskresi, ketersediaan sumber daya, kepatuhan dan akutanbilitas dan komunikasi antara petugas layanan dan pasien. Informan penelitian ini meliputi, informan kunci dan informan tambahan yaitu Kepala Puskesmas Lewolaga, dokter, bidan dan pasien pengguna KIS. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (KIS) di Puskesmas Lewolaga Kecamatan Titehena Kabupaten Flores Timur dapat disimpulkan bahwa implementasi program jaminan kesehatan nasional kartu indonesia sehat (JKN KIS) belum maksimal. Secara umum kewenangan diskresi dalam pengimplementasian program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS) ini sudah cukup baik, kepatuhan dan akuntabilitas dalam pengimplementasian program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS) di Puskesmas Lewolaga sudah cukup baik, Puskesmas Lewolaga berupaya mematuhi pedoman atau SOP yang ditetapkan dalam program JKN KIS, Komunikasi antara petugas layanan dan pasien dalam pengimplementasian program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS) di Puskesmas Lewolaga sudah berjalan dengan baik, namun beberapa aspek yang masih menjadi kendala dalam hal ini ketersediaan sumber daya yang dibutuhkan dalam pengimplementasian program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS) yang mengakibatkan komunikasi antara petugas dan pasien tidak selalu optimal.

Kata kunci: implementasi, jaminan kesehatan nasional kartu indonesia sehat, pelayanan kesehatan, puskesmas lewolaga.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2003010097
Dosen Pembimbing
MARIA MAGDALENA LINO - 196312071990032001 - Dosen Pembimbing 1
ALFRED OMRI ENA MAU - 198104272006041002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Maria Magdalena Lino - 196312071990032001 - Ketua Penguji
Alfred O. Ena Mau - 198104272006041002 - Penguji 1
Jeny Jacoba Therik - 196206061988032003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 Sog I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA