Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Sistem Pernapasan Di SMPN 4 Kupang Tengah
XML
Prosedur penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart yang dilaksanakan secara siklusitas melalui beberapa tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mencakup data observasi, data tes hasil belajar peserta didik dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Kupang Tengah.
Dari hasil analisis data pada siklus I, rata-rata kelas pada uji aktivitas peserta didik mencapai 16 dengan presentase 66,67% dan pada siklus II rata-rata meningkat menjadi 21,1 dengan presentase 87,91%. Pada uji ketrampilan guru, pada siklus I rata-rata mencapai 22,5 dengan presentase 70,31% dan pada siklus II, rata-rata mencapai 28,25 dengan presentase 88,28%. Hasil belajar peserta didik pada siklus I mencapai rata-rata 57 dengan presentase ketuntasan klasikal 35% dan pada siklus II, rata-rata meningkat menjadi 75,5 dengan presentase ketuntasan klasikal 80%. Hal ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Jigsaw
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
VERONIKA YULIANI JARI GORAN - Personal Name
|
Student ID |
2101040053
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Angela Gabriela Lika - 196402281989032002 - Ketua Penguji
MARIO J. SANTRUM - 1961405241992031002 - Penguji 1 PAULUS TAEK - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.05 GOR P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |